Pages

25 June, 2013

Observasi Kegiatan Pembelajaran TK





  A.   Nama Sekolah         :           TK Al-Irsyad
  B.   Alamat                        :           Jl. Jati Petamburan I/45, Jakarta Pusat
  C.   Nama Guru               :           Ibu Lina
  D.   Kemampuan             :           Bahasa
  E.   Kelompok                  :           B1
  F.    Jam                             :           Ke satu pukul 07.50-08.50 WIB

  G.   Kegiatan Pembelajaran (Deskripsi Catatan Lapangan)
1.    Menit   1 s/d 10
Ibu Lina melakukan kegiatan pembukaan belajar dengan mengucapkan salam. Lalu memperkenalkan observer [saya] kepada siswa selaku teman ibu guru. Setelah itu siswa membaca keras surat Al-Fatihah, Al-Quraisy, dan Al-Humazah (sampai 7 ayat). Lalu menyanyi bersama-sama (lagu assalammualaikum,selamat pagi,taman kanak-kanak,oh ibu dan ayah).
Guru menanyakan hari, interaktif dengan siswa (menyuruh siswa yang berani maju ke depan kelas untuk menuliskan hari dan tanggal di papan tulis). Sesekali ibu guru memberikan penguatan terhadap jawaban yang benar berupa komentar “Pintar” sembari tersenyum.
Dilanjutkan dengan hafalan bersama tugas-tugas malaikat. Ibu guru memperhatikan anak yang tidak bersuara dengan menatap tajam ke anak tersebut. Sehingga anak tersebut malu dan akhirnya ikut bersuara, menghafal.
Ibu guru lalu menulis tema pelajaran hari ini di papan tulis. Temanya aalah “pekerjaan”, lalu menjelaskan satu contoh pekerjaan yaitu Tukang Pos. dibuat sajaknya.

2.    Menit 11 s/d 20
Ibu guru menjelaskan sambil berkeliling. Kemudian mengelompokkan siswa menjadi tiga kelompok, berdasarkan barisan meja. Tiap kelompok (Helikopter, Kapal Api dan Kereta Api) yang ditunjuk harus membacakan sajak Tukang Pos bersama-sama. Sedang yang lain diam karena telah diberi peringatan untuk tidak berbicara
Kemudian ibu guru memberikan kesempatan bagi siswanya yang berani maju sendiri ke depan untuk membacakan sajak Tukang Pos. Saat ada yang berisik, ibu guru memberikan tanda ‘diam’ melalui gesture meletakkan telunjuk di mulutnya. Dan memberikan penguatan “Hebat” dan tepuk tangan kepada siswanya yang berani maju.
Lalu memberikan peringatan bagi yang mau maju, bahwa bajuya harus rapi sembari melihat ke siswa yang bajunya keluar-keluar. Siswa tersebut langsung merapikan bajunya.
Ibu guru selalu bertutur ramah dan hangat. Memanggil semua siswa dengan panggilan “sayang”. Dan ketika ada anak yang pemalu maju ke depan kelas, ia diberikan penguatan dengan tepuk tangan dari ibu guru dan teman-temannya. Sehingga siswa tersebut mau dan berani maju.

3.    Menit 21 s/d 30
Ibu guru mengajak siswa olahraga di dalam kelas. Dibentuk dua baris, laki-laki dan perempuan. Kemudian saling merentangkan tangan, berhadap-hadapan dan berhitung. Saat berhitung, dagu setiap anak ditegakkan oleh ibu guru agar lantang bersuara.
Dimulailah olahraga dengan membuat lingkaran kemudian jalan di tempat. Lalu pemanasan kepala (digerakkan ke atas bawah, kanan kiri, dan jatuhkan kepala ke bahu). Dilanjutkan dengan anggota tangan (digerakkan bahunya ke atas, bawah, dan diputar). Lalu putar pinggang, memiringkan tangan dan pinggang. Saat ada yang bercanda, ditegur oleh ibu guru, “Gak boleh ngeluh yaa, kalau sakit karena bercanda”. Siswa pun berhenti bercanda saat olahraga.

4.    Menit 31 s/d 40
Dilanjutkan dengan gerakan angkat kaki kanan, tangan di pinggang lalu yang kiri. Kemudian duduk di bawah meluruskan kaki. Saat duduk di bawah, ada seorang siswa perempuan yang mengintip roknya. Ibu guru memperhatikan gelagat itu lalu memberitahu sambil tertawa bahwa siswa perempuan harus memakai celana short agar celana segitiganya tidak terlihat bila roknya terbuka. Kemudian ibu guru mengadakan lomba melompat dengan satu kaki, berdua-dua (1 laki-laki, 1 perempuan). Tidak boleh ada yang menyengkat dan komentar. Siswa yang menang diberi penguatan dengan komentar “pintar” dan tepuk tangan bersama. Lalu diberi teguran untuk yang nakal dengan komentar “Tidak boleh begitu sayang..”.

5.    Menit 41 s/d 50
Saat ada yang curang diberi teguran oleh ibu guru “Kamu tidak menang sayang, soalnya kakinya dua-duanya dipakai. Kan perintah ibu cuma satu kaki larinya.”
Lalu yang pemalu saat berlari diberi penguatan “Ayo sayang, berusaha. Jangan putus asa.”

6.    Menit 51 s/d 60
Perilaku yang kurang baik ditegaskan dengan kalimat teguran “Jangan begitu ah, Ibu Lina ga suka”. Siswa langsung tidak mengulangi perbuatan itu. Selesai lomba, diberitahukan tiga orang siswa yang pintar melompat satu kaki. Lalu diberi penguatan dengan tepukan tangan bersama.
Ibu guru mengukur waktu (melihat jam tangan). Permainan diakhiri. Siswa duduk kembali di kursi masing-masing. Membaca doa tidur. Istirahat dengan melemaskan badan dan tidur sejenak (5 detik). Lalu ibu guru menirukan suara ayam “Kukuruyuuk”. Siswa bangun tidur, langsung membaca doa bangun tidur, doa masuk kamar mandi, lalu doa kluar kamar mandi.
Penutupan dilakukan oleh ibu guru melalui reward barisan yang duduk terapi boleh keluar lebih dahulu untuk istirahat.

Aspek fisik pengelolaan kelas.
1.    Pengaturan tempat duduk berbentuk letter “U” dengan dibagi tiga kelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 8 buah meja dan 8 buah kursi.
2.    Papan tulis diletakkan di depan kelas, di tengah dinding dan terjangkau oleh siswa.
3.    Gambar-gambar, alat bantu kebanyakan dipajang di tembok depan dan sebagian di belakang.
4.    Ventilasi dan jendela di kanan kiri ruangan. Ventilasi diberikan lapisan kawat nyamuk. Lalu jendela ditutupi tirai sebagian agar focus siswa tidak ke luar kelas.
5.    Loker tempat tas siswa serta lemari besar terletak di belakang kelas, sehingga tidak mengganggu pemandangan.



2 comments:

  1. Assalamu'alaikum. Saya rima. Saya googling tentang TK di Petamburan dan sampai di blog ini. Ternyata mba Meta org Petamburan juga to. Jgn2 kita tetanggaan :D
    Sepertinya TK ini masuk dlm salah satu pertimbangan saya. Makasih lo..
    Betewe blognya bagus. Saya suka tulisan2nya..

    ReplyDelete
  2. 'alaikumsalam wr wb...
    Hihi... iya, jangan2 tetangga sebelah rumah hahah...

    Alhamdulillah... kalau tulisan saya bermanfaat...
    Terima kasih sudah mau berkunjung bu rima :)

    ReplyDelete

Text Widget