Pages

19 June, 2013

Prosedur Evaluasi menurut Eko P.

Pengertian prosedur secara umum adalah langkah-langkah terurut untuk melakukan suatu pekerjaan. Evaluasi program adalah sebuah kegiatan yang harus tersusun secara sistematis dan terencana, oleh karenanya ia dapat disamakan dengan penelitian. Maka untuk menciptakan sistematis dan terencana tersebut dibutuhkan sebuah prosedur. Ada berbagai macam prosedur evaluasi, itu semua disesuaikan dengan tujuan evaluasi itu sendiri. Beberapa pendapat mengemukakan prosedur evaluasi umum yang mereka buat. Di antaranya adalah Eko Putro Widyoko, Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Al Jabar serta Farida Yusuf Tayibnapis. Dalam makalah ini, kami akan menjelaskan prosedur evaluasi yang dikemukakan oleh orang-orang yang disebutkan sebelumnya.

  1. Prosedur evaluasi program menurut Eko Putro
Tahapan pelakasanaan evaluasi proses pembelajaran adalah penentuan tujuan, menentukan desain evaluasi, pengembangan instrument evaluasi, pengumpulan informasi/data, analisis, intepretasi dan tindak lanjut.

1.    Menentukan Tujuan
Tujuan evaluasi program pembelajaran dapat dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan. Secara umum tujuan evaluasi program pembelajaran untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: (1) Apakah strategi pembelajaran yang dipilih dan dipergunakan guru efektif? (2) Apakah media pembelajaran yang digunakan guru efektif? (3) Apakah cara mengajar guru menarik dan sesuai dengan pokok materi sajian yang dibahas, mudah diikuti dan berdampak siswa mudah mengerti materi sajian yang dibahas?; (4) Bagaimana persepsi siswa dengan materi sajian yang dibahas berkenaan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai?; (5) Apakah siswa antusias untuk mempelajari materi sajian yang dibahas?; (6) Bagaimana siswa menyikapi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru?; (7) Bagaimanakah cara belajar siswa mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru?.[1]

2.    Menentukan Disain Evaluasi
Disain evaluasi program pembelajaran mencakup rencana evaluasi dan pelaksana evaluasi. Rencana evaluasi proses pembelajaran berbentuk matriks dengan kolom-kolom berisi tentang : No. Urut, informasi yang dibutuhkan, indikator, metode yang mencakup teknik dan instrument, responden dan waktu. Selanjutnya pelaksana evaluasi proses adalah guru mata kuliah/mata pelajaran/mata diklat yang bersangkutan.

3.    Penyusunan Instrumen Penilaian
Instrumen penilaian proses pembelajaran untuk memperoleh informasi deskriptif dan / atau informasi judgemental dapat berwujud: (1) Lembar pengamatan untuk mengumpulkan informasi tentang kegiatan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sendiri atau oleh siswa untuk saling mengamati, dan (2) kuisioner yang harus dijawab oleh peserta didik berkenaan dengan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru, minat, persepsi siswa tentang pembelajaran untuk suatu materi pokok sajian yang telah terlaksana.

4.    Pengumpulan Data
Pengumpulan data atau informasi dilaksanakan secara objektif dan terbuka agar diperoleh informasi yang dapat dipercaya dan dapat bermanfaat bagi peningkatan mutu pembelajaran. Pengumpulan data atau informasi dilaksanakan pada setiap akhir pelaksanaan pembelajaran untuk untuk materi sajian berkenaan dengan satu kompetensi dasar dengan maksud guru dan peserta didik memperoleh gambaran menyeluruh dan kebulatan tentang pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan untuk penguasaan satu kompetensi dasar.

5.    Analisis dan Intepretasi
Analisis dan intepretasi hendaknya dilaksanakan segera setelah data atau informasi terkumpul. Analisis berwujud deskripsi hasil evaluasi berkenaan dengan proses pembelajaran yang telah terlaksana sedangkan intepretasi merupakan penafsiran terhadap deskripsi hasil analisis proses pembelajaran. Analisis dan intepretasi dapat dilaksanakan bersama oleh guru dan siswa agar hasil evaluasi dapat segera diketahui dan dipahami oleh guru dan siswa sebagai bahan dan dasar memperbaiki pembelajaran selanjutnya.

6.    Tindak Lanjut
Tindak lanjut merupakan kegiatan menindak lanjuti hasil analisis dan intepretasi. Dalam evaluasi proses pembelajaran tindak lanjut pada dasarnya berkenaan dengan pembelajaran yang akan dilaksanaan selanjutnya dan evaluasi pembelajarannya. Pembelajaran yang akan dilaksanakan selanjutnya merupakan keputusan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran; sedang tindak lanjut evaluasi pembelajaran berkenan dengan pelaksanaan dan instrument evaluasi yang telah dilaksanakan mengenai tujuan, proses dan instrument evaluasi proses pembelajaran.

Menyusun Instrumen Penilaian
Instrumen penilaian berupa lembar pengamatan (untuk proses observasi), lembar pertanyaan (untuk proses wawancara),

Pengumpulan data
Waktu pengumpulan data disesuaikan dengan matriks disain evaluasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Analisis dan Intepretasi
Data-data yang telah dikumpulkan di analisis sesuai dengan bentuk data, lalu diintepretasikan dalam bentuk kesimpulan-kesimpulan.



Tindak Lanjut
Dalam tahap tindak lanjut dilakukan perbaikan-perbaikan sesuai dengan evaluasi. Bahkan program bisa dihentikan jika memiliki hasil evaluasi yang buruk.


[1] Eko Putro Widyoko. Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. (Jogjakarta : Pustaka Pelajar, 2009), h. 72

No comments:

Post a Comment

Text Widget