Pengertian prosedur secara umum adalah langkah-langkah terurut untuk
melakukan suatu pekerjaan. Evaluasi program adalah sebuah kegiatan yang harus
tersusun secara sistematis dan terencana, oleh karenanya ia dapat disamakan
dengan penelitian. Maka untuk menciptakan sistematis dan terencana tersebut
dibutuhkan sebuah prosedur. Ada berbagai macam prosedur evaluasi, itu semua
disesuaikan dengan tujuan evaluasi itu sendiri. Beberapa pendapat mengemukakan
prosedur evaluasi umum yang mereka buat. Di antaranya adalah Eko Putro Widyoko,
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Al Jabar serta Farida Yusuf Tayibnapis.
Dalam makalah ini, kami akan menjelaskan prosedur evaluasi yang dikemukakan
oleh orang-orang yang disebutkan sebelumnya.
- Prosedur evaluasi program menurut Eko Putro
Tahapan pelakasanaan evaluasi proses pembelajaran adalah penentuan
tujuan, menentukan desain evaluasi, pengembangan instrument evaluasi,
pengumpulan informasi/data, analisis, intepretasi dan tindak lanjut.
1. Menentukan Tujuan
Tujuan evaluasi program pembelajaran dapat
dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan. Secara umum tujuan evaluasi
program pembelajaran untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: (1) Apakah
strategi pembelajaran yang dipilih dan dipergunakan guru efektif? (2) Apakah
media pembelajaran yang digunakan guru efektif? (3) Apakah cara mengajar guru
menarik dan sesuai dengan pokok materi sajian yang dibahas, mudah diikuti dan
berdampak siswa mudah mengerti materi sajian yang dibahas?; (4) Bagaimana
persepsi siswa dengan materi sajian yang dibahas berkenaan dengan kompetensi
dasar yang akan dicapai?; (5) Apakah siswa antusias untuk mempelajari materi
sajian yang dibahas?; (6) Bagaimana siswa menyikapi pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru?; (7) Bagaimanakah cara belajar siswa mengikuti
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru?.[1]
2. Menentukan Disain Evaluasi
Disain evaluasi program pembelajaran mencakup rencana evaluasi dan
pelaksana evaluasi. Rencana evaluasi proses pembelajaran berbentuk matriks
dengan kolom-kolom berisi tentang : No. Urut, informasi yang dibutuhkan,
indikator, metode yang mencakup teknik dan instrument, responden dan waktu.
Selanjutnya pelaksana evaluasi proses adalah guru mata kuliah/mata
pelajaran/mata diklat yang bersangkutan.
3. Penyusunan Instrumen Penilaian
Instrumen penilaian proses pembelajaran untuk memperoleh informasi
deskriptif dan / atau informasi judgemental dapat berwujud: (1) Lembar
pengamatan untuk mengumpulkan informasi tentang kegiatan belajar siswa dalam
mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sendiri atau oleh siswa
untuk saling mengamati, dan (2) kuisioner yang harus dijawab oleh peserta didik
berkenaan dengan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru, minat,
persepsi siswa tentang pembelajaran untuk suatu materi pokok sajian yang telah
terlaksana.
4. Pengumpulan Data
Pengumpulan data atau informasi dilaksanakan secara objektif dan
terbuka agar diperoleh informasi yang dapat dipercaya dan dapat bermanfaat bagi
peningkatan mutu pembelajaran. Pengumpulan data atau informasi dilaksanakan
pada setiap akhir pelaksanaan pembelajaran untuk untuk materi sajian berkenaan
dengan satu kompetensi dasar dengan maksud guru dan peserta didik memperoleh
gambaran menyeluruh dan kebulatan tentang pelaksanaan pembelajaran yang telah
dilakukan untuk penguasaan satu kompetensi dasar.
5. Analisis dan Intepretasi
Analisis dan intepretasi hendaknya dilaksanakan
segera setelah data atau informasi terkumpul. Analisis berwujud deskripsi hasil
evaluasi berkenaan dengan proses pembelajaran yang telah terlaksana sedangkan
intepretasi merupakan penafsiran terhadap deskripsi hasil analisis proses
pembelajaran. Analisis dan intepretasi dapat dilaksanakan bersama oleh guru dan
siswa agar hasil evaluasi dapat segera diketahui dan dipahami oleh guru dan
siswa sebagai bahan dan dasar memperbaiki pembelajaran selanjutnya.
6. Tindak Lanjut
Tindak lanjut merupakan kegiatan menindak lanjuti hasil analisis dan
intepretasi. Dalam evaluasi proses pembelajaran tindak lanjut pada dasarnya
berkenaan dengan pembelajaran yang akan dilaksanaan selanjutnya dan evaluasi
pembelajarannya. Pembelajaran yang akan dilaksanakan selanjutnya merupakan
keputusan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan sebagai upaya
peningkatan mutu pembelajaran; sedang tindak lanjut evaluasi pembelajaran
berkenan dengan pelaksanaan dan instrument evaluasi yang telah dilaksanakan
mengenai tujuan, proses dan instrument evaluasi proses pembelajaran.
Menyusun Instrumen Penilaian
Instrumen penilaian berupa lembar pengamatan
(untuk proses observasi), lembar pertanyaan (untuk proses wawancara),
Pengumpulan data
Waktu pengumpulan data disesuaikan dengan
matriks disain evaluasi yang telah ditentukan sebelumnya.
Analisis dan Intepretasi
Data-data yang telah dikumpulkan di analisis
sesuai dengan bentuk data, lalu diintepretasikan dalam bentuk
kesimpulan-kesimpulan.
Tindak Lanjut
Dalam tahap tindak lanjut dilakukan
perbaikan-perbaikan sesuai dengan evaluasi. Bahkan program bisa dihentikan jika
memiliki hasil evaluasi yang buruk.
[1]
Eko Putro Widyoko. Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan
Praktis bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. (Jogjakarta : Pustaka Pelajar,
2009), h. 72
No comments:
Post a Comment