Pages

From B to AB (part 3)

Sabtu, 15 juni 2013

Pelunasan janji.

Cerita terakhir, tentang perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta. Nah.. ini adalah hari terakhir dari perjalananku. Hari ketiga, tepatnya. Perjalanan terbalik, perjalanan pulang, dari Yogyakarta ke Jakarta.

Pagi hari, aku terbangun agak siang. Sekitar pukul 07.00 WIB, karena sedang libur salat subuh (haid). Hari itu adalah hari senin, di mana Mamanya Risti pergi bekerja. Beliau adalah guru BK di salah satu sekolah di Yogyakarta. Nah, maluu banget tuh, bangun kesiangan, mendapati Risti sedang sibuk membantu mamanya untuk bersiap ke kantor. Mamanya menyapaku, tersenyum, dan aku membalasnya dengan senyuman malu, lalu hanya duduk diam (mengumpulkan nyawa), memperhatikan kesibukan kecil di pagi hari tersebut. Dengan keramahannya, beliau pamit berangkat kerja, sekaligus pamit meminta maaf tak bisa menjamuku dengan baik. Aku salah tingkah, hahaha… karena aku merasa sangat dijamu, seperti ratu, memperlakukan rumahnya seperti hotek, seenaknya masuk-keluar. Beliau pun sempat mengancamku untuk membawakan geplak yang beliau titipkan pada Risti untuk mamaku. Yaah… beliau tahu sekali aku agak keberatan membawa macam-macam oleh-oleh, karena berat nantinya tas yang kubawa, hiks!

Setelah melepaskan kepergian mamanya Risti, aku dan Risti kembali berleha-leha di ruang tamu. Memakai daster, belum mandi, beuuhh anak perawan macam apa ini! Hahaha… rasanya malas kembali ke Jakarta. masih banyak tempat yang ingin kudatangi di Yogya. Masih banyak yang ingin kutemui, kawan-kawan lain di Yogya. Namun waktu dan pekerjaan menantiku di Jakarta. Akhirnya dua perawan ini mandi pukul 08.00 dan bersiap bertemu dengan Kak Dane dan Feti di Malioboro Mall.

Sebelum ke Malioboro Mall, kami menyempatkan diri ke toko geplak, menuruti permintaan mamanya Risti. Sungguh, tasku nambah berat! Selain baju kotor, bertambah 1 buah buku hadiah dari Risti dan geplak hadiah dari mamanya risti. Makasiihh yaaa (tapi sambil nangis, soalnya migrainku kumat karena berat bawaan di pundak). Setelah itu, kami melewati jalan-jalan kampung, yang memaparkan pemandangan sawah hijau sepanjang jalan, memanjakan mata kami. Tak lama kami tiba di Malioboro Mall yang tak sepadat hari Sabtu, Minggu. Kami menunggu Ka Dane dan Feti di J. Co. Risti memesan kopi Americano dan aku memesan latte (ciee… gaya yee, kayak bisa minum kopi!).

Selang setengah jam kemudian, Kak Dane dan Feti datang. Mereka membawa seorang teman dari Kampus Fiksi 2, bernama Diah. Kami pun berkenalan, bercerita sedikit tentang pengalaman dan latar belakang kami berkumpul di Yogya. Lalu, karena kami semua wanita, naluri belanja kami pun keluar. Kaki ini melangkah menyusuri jalan selurusan di Maliobor hingga pasar Beringharjo. Aku sudah membuat daftar list titipan/barang yang harus dibeli. Mama meminta daster, 2 kain untuk ancang-ancang beliau meninggal, tas kado untuk sahabatku yang baru saja berulang tahun, dan oleh-oleh untuk keluarga di rumah dan rekan kantor. Ooh noo…. Uangku seketika melayang, meninggalkan aku yang terhipnotis keramaian pasar.

Sepanjang proses tawar-menawar atau memilih barang di Beringharjo, aku hanya mematung. Tidak dapat memilih, dan tidak dapat pula menawar (maklum biasa terima aja, atau ga ambil yang sudah jelas, di mall biasanya kalau belanja). Risti, Feti dan Diah yang beraksi, sementara aku rasanya mau pingsan. Menahan migrain karena tas ransel dan belanjaan tentengan makin bertambah. Akhirnya kami memutuskan untuk belanja di Mirota. Di sana barulah aku beraksi, karena sudah ada bandroll harga yang jelas… hahahaa…. Dan semua yang ingin kubeli terpenuhi di satu toko ajaib itu.. hahahah.

Setelah kebutuhan belanja semua terpenuhi, kami pun bergegas kembali ke Malioboro Mall untuk makan siang. Saat itu sudah pukul 1 siang, sedang panas-panasnya. Tak lama, Diah pamit pergi, dan ada wanita lain yang bergabung menggantikan Diah, dia adalah Ray. Heheh pergi satu, digantikan satu lagi dalam waktu singkat, andai jodoh seperti itu, #eeh fokus woy fokus!

Karena panas dan jalannya sangat jauh, kami berlima (Tha, Risti, Ka Dane, feti, dan Ray) menyewa andong/delman untuk mengantarkan ke Malioboro Mall. Harganya 50 ribu. Sebenarnya sih lebih murah naik taksi, tapi sensasinya itu looh… di Yogya, pusat kotanya, naik andong, ahaaaayyy… jadi pusat perhatian deh kitaaa. Sesampainya di Malioboro Mall kami pun memilih Solaria yang terletak di basemen untuk berbagai pilihan makanan. Sampai pukul 3 sore, kami bercengkerama dan memutuskan untuk berpisah. Kak Dane, aku dan Feti harus mengejar waktu ke stasiun, karena kereta kami akan berangkat pukul 15.30 di stasiun Lempuyangan. Risti dan ray tidak ikut mengantar. Kami bertiga pun memilih dua becak. Kak Dane sendiri bersama barang-barang. Aku dan Feti berdua dalam satu becak. Harga becak tersebut masing-masing 20 ribu. Jadi dua becak totalnya 40 ribu, itu pun setelah ditawar oleh Risti. Nah… lagi-lagi, lebih murah naik taksi sebenarnya, dan ga kasihan juga abang becaknya menggenjot ketika ada jalan tanjakan. Taaapiiii… lagi-lagii… SENSASINYA itu loooh!! Udah lama ga naik becak! Di jakarta udah jarang… ahhaahha.. norak banget yaa.

Sesampainya di stasiun, menunggu lima menit, tak lama kereta kami pun datang. Aku yang terpisah di gerbong 1, duduk sendirian, akhirnya memaksa kak dane untuk membawakan barangku ke gerbong 3, tempat kak Dane dan Feti duduk. Sepanjang jalan hingga sampai di Jakarta kami duduk bertiga (padahal harusnya untuk dua orang, kebayang kan imutnya kami, eeh, maksa sih sebenarnya hahaaha), mengobrol tak henti membahas berbagai topik. Yaah gitu deh wanita, 9 jam perjalanan tak terasa karena mulut tak berhenti mengunyah dan berbincang. Feti turun terlebih dahulu di stasiun Jatinegara. Aku dan Kak Dane turun di Stasiun Senen. Kami tiba pukul 00.30 dini hari. Beruntunglah aku dijemput sama kakak dan kakak ipar, sehingga ada yang bantu bawain barang-barang. Hahaha… sudah, begitu saja. Cukup yaah ceritanya. Lunas ya, B?

Alhamdulillaah… gak ada utang cerita lagi ya, aku, B??

Awesome journey for me, from B (Jakarta) to AB (Yogyakarta)