Lima komponen
yang mencirikan sebuah organisasi tersebut termasuk organisasi belajar atau
bukan, yaituu..
1.
Berpikir sistem
Artinya, melihat segala sesuatu saling berhubungan atau memiliki
mata rantai. Sebuah kejadian akan mempengaruhi individu/kejadian lainnya dan
akan berdampak pada tujuan umum. Sekecil apapun peran kita, apabila tidak
dilaksanakan dengan baik, akan berdampak besar bagi kelangsungan organisasi
tersebut.
Contohnya, seseorang yang ditugaskan mengeprint di sebuah kelompok
belajar. Jika ia berpikir sistem, ia tahu apabila ia tidak melaksanakan
tugasnya tersebut, maka keseluruhan anggota kelompoknya akan mendapat masalah,
dan nilai kesemuanya menjadi jelek.
2. Penguasaan pribadi
Berkaitan dengan manajemen emosi (EQ), individu melakukan pendekatan
yang kreatif, tidak terpaku pada sudut pandangnya sendiri.
3.
Pola mental
Biasanya ada satu model yang diterapkan dalam pikiran individu/organisasi
tersebut. Sehingga ia senantiasa merefleksi dan memperbaiki gambaran
internalnya mengacu pada model tersebut.
4. Visi bersama
Merupakan rumusan dari tekad dan komitmen yang telah disepakati
bersama. Biasanya berawal dari sebuah visi individu yang kemudian di-share-kan melalui rapat, yang kemudian
dipadukan dengan visi-visi individu lainnya, lalu dijadikan visi bersama
apabila semua orang mendukungnya.
5. Belajar beregu (team)
Belajar beregu ini merupakan kunci dari organisasi belajar. Di mana
segala sesuatu yang meningkatkan kemampuan tim, juga akan meningkatkan pengetahuan
individu dalam organisasi tersebut. Tiap individu dalam organisasi tersebut
merasa ‘saling membutuhkan’ satu sama lain untuk mencapai tujuan mereka.
Lalu saya
teringat perkataan salah seorang dosen pintar di kampus saya, nama beliau Pak Uwes:
Mental model atau pola mental adalah cara kita mempersepsi dunia yang sedang
kita lakukan. Persepsi Anda tentang kuliah yang baik adalah mental model Anda
tentang kuliah. Mental model Anda tentang kuliah yang baik, tentu akan berbeda
dengan pola mental teman Anda tentang hal yang sama. Penguasaan pribadi
(personal mastery) adalah kemampuan Anda dalam mengendalikan diri, memahami
diri dan memperlakukan diri sendiri serta orang lain dan lingkungan. Sangat
terkait dengan kedewasaan dan wisdom Anda tentang dunia.
So.. seberapa
jauh kita telah menerapkan lima disiplin untuk menjadikan organisasi yang
melibatkan diri kita menjadi organisasi belajar??
Mari jawab bersama…
No comments:
Post a Comment