Pages

30 August, 2009

Bersyukur

Sebagai office boy, bujangan pula, gaji Rp 90.000/bulan sangatlah tidak cukup bagiku.
Apalagi untuk kuliah.
Suatu hari, sepulang bekerja aku nongkrong dlu bersama temanku seorang pedagang rokok. Lagi asik ngobrol, tiba-tiba ada sebuah mobil yg ingin parkir. Sontak temanku bangun dan langsung memarkirkan mobil tsb. Lalu ia kembali dgn wajah ceria dan berkata, "ALhamdulillah,,dapat Rp 500".
Sepele memang, namun gambaran wajahnya terbayang-bayang di sepanjang perjalanan pulang. Aku terhenyak memikirkan betapa ia bahagia mendapatkan Rp 500 upah parkir tadi. Padahal itu tak mencukupi kebutuhannya, terutama keluarganya ( tmnku itu sdah beristri dan memiliki anak 1).

Sesampainya di rumah, aku mendapatkan jawaban dan yakin bahwa kebahagiaan itu tidak terletak pada besarnya sesuatu yg kita dapat, namun terletak pada besarnya RASA SYUKUR kita terhadap apa yg kita dapatkan.

-La insyakartum, La a'dzidannakum (apabila kamu bersyukur, niscaya akan Ku tambah nikmat-Ku)-

**from ceramah mamah dede dan A'a, kisah nyata from om Diki chandra**

28 August, 2009

Samudera Kesabaran


Tak dapat dihindari, bibir ini terus mengeluh
Tangis dan tawa menjadi saksi
Letih tubuh dan penat jiwa makin menggila

Namun,,,semua itu luruh,
ketika kusaksikan wajah teman-temanku,,,
dan kuingat lagi perjuangan Rasulullah SAW,
tak mudah kawan,,,

Begitulah resiko menebarkan kebajikan,,
kerja sosial...

Dibandingkan apa yg kita alami, mungkin hanya secuil penderitaan beliau yg kita rasakan.

Inilah Lautan Kebajikan,,menuntut kita untuk memperluas kesabaran
Mampukah kita menata samudera kesabaran kita teman??


"Ya Rabb,, kulihat letih di wajah saudara dan saudariku.
Sapulah dengan air syurga yg menyejukkan,
Ya Rabb,, kulihat memudar senyuman di wajahnya
Maka Perlihatkan padanya kisah kasih penduduk syurga yg membahagiakan."


**Special note for and inspired by
PANITIA MPA KTP 'SMART' 2009**


-280809, meta @ DS 212-

26 August, 2009

CENGCORANG


Hijau
Hijau
Lompat
Lompat

Jatuh
Bangun cepat
Melompat lebih tinggi
Terukur

Sekitarmu Hijau
Menenangkan,
Menyejukkan
Damai

Kau juga Hijau
Seelemen dengan lingkunganmu

Hei,,Terima kasih!!
Kudapatkan sebuah pelajaran lagi.
Buah pengamatanku terhadap dirimu.

Terima kasih makhluk hijau,,
CENGCORANG ;)

25 August, 2009

Ini salah??

Dulu aku tak begitu paham dgn istilah2 ikhwan, akhwat, ukhti, akhi dsb. Namun seiring bertambahnya ilmu dari buku2 yg kubaca dan diskusi dgn teman2 yg lebih mengerti aku pun mulai mengagumi pria yang di sebut "ikhwan"
ikhwan (dalam bahasa arab berarti lelaki..tetapi di lingkungan indonesia ikhwan adalah lelaki yang insyaAllah shaleh yang menjaga pandangan mata dan kesuciannya dgn baik)
Ternyata ini yang sejatinya HARUS aku jadikan penyempurna agamaku nanti..

Bukan hal yang di sengaja..sungguh..ini alamiah terjadi pada diriku..
Jantung ini seolah ingin meledak di dalam saat melihat dia..
one in a million..
Knapa hanya dia yang bisa menggetarkan organ tubuh yang memiliki otot tidak sadar ini..
Kenapa ikhwan yang lain tidak bisa seperti itu..
dia tidak bersalah..aku yang salah..
aku mengaguminya..sungguh dengan sangat ya Allah..
Maafkan aku terkadang aku lupa motivasiku yang seharusnya hanya untuk Engkau YaAllah dalam menjalankan amanahku..tetapi dia turut memotivasiku walau hanya dengan kehadirannya dan tidak berbuat apa-apa terhadapku..
aku senang..aku menangis..

Saat qiyamullail/sehabis salat isya , aku sering sulit memejamkan mata sedikitpun..
apakah aku salah ya Allah..
ternyata aku jatuh cinta..
aku tidak bisa berhenti memikirkannya..tetapi itu tidak mengganggu ibadahku kepadaMu ya Allah..
malah aku menjadi sangat mencintaiMu
Engkau yang menciptakannya, engkau merawatnya, Engkau yang Menjaganya..

aku tidak menyangka tidak ada lagi ciptaaan Engkau yang lebih indah daripada dirinya..berlebihan tapi aku memang mengakuinya..dia menjadi teman dalam istiqomahku..sekali lagi..walau dia tidak pernah melakukan apa-apa kepadaku..dan hanya ada di fikiranku..
engkau membuat aku jatuh cinta kepada yang seharusnya..Pria dewasa yg baik dan bertanggungjawab ..
tapi....
apakah aku salah ya Allah..
lebih baik mematikan hati ini membuang segala rasa..daripada hati ini tidak Engkau Ridhoi.....Allahua'lam....
.

ASTAGFIRULLAHH.

MAMA

Dia adalah Surga sebelum Surga..
Cahaya sebelum Cahaya..

Dialah madrasah pertamaku,,
Perpustakaan hidupku,,

Dia tak bertitel sarjana dan semacamnya,
Namun ilmu yg dia miliki selalu diajarkannya padaku,, dan ituu sangaaattt luas.

Dia selalu merasa aku pantas bahagia,
dan selalu berusaha berbagai cara untuk membuatku bahagia selama tidak bertentangan dengan syariat-NYA.

Dan apa yg sering kulakukan??
Aku hanya terus menyakitinyaa,,dengan segala khilafku padanya.
Tak jarang aku mengeluh atas permohonan tolongnya.

PANTASKAH aku menjadi anaknya??

Andaikan segala amal kebajikanku disandingkan dengan pengorbananya selama membesarkanku belum tentuu akan seimbang.
Tak mungkin aku sanggup membalasnya.

Ya rabb,, seandainya semua pahala kebajikanku mampu membuatnya bahagia,, aku rela memberikannya padanya.
Biarlah segala khilafnya kau berikan padaku,,
karena memang ia layak untuk berada di sisi-Mu.

Segala kebajikan yg kuperbuat selalu berasal dari ajarannya.
Sedangkan keburukan2ku adalah kebodohanku sendiri ya rabb.. jangan salahkan ia di hari hisab nanti.
Salahkan aku!

-Rabbigfirlii waliwalidayyaa warhamhumaa kamaa rabayaani shagiiraa. AAmiinn-

Thx God i've found you!!

Dulu, bahkan sampai saat ini, ketika orang tahu asal SMK ku, dari Telkom, banyak yg menanyakan dan menyayangkan knapa tha ga lanjutin ke STTT(skrg ganti nama jdi ITT), malah masuk UNJ dan jurusannya aneh pula (itu mnurut mreka, pdahal mnurut tha si, msk mna aja sama aja, nuntut ilmu toh!).
Kemaren2 si tha BT & jwab males2an, ngutarain alesannya, yg mnurut tha sepele, Cuma karena ga diijinin mama. Tapi tha tersadar, kalo sbenernya itu alasan yg ga relevan banget!! Walaupun awalnya memang itu alasannya, tapi ternyata ada beribu alasan yg lebih baaiikk.
Mau tahu??
1. Di UNJ, tha belajar SABAR. Dari birokrasi, administrasi, sampai ke kuliah dan tmen-tmen lainnya, menuntut tha untuk “agak” SABAR.
2. Lingkup pergaulan yg kekeluargaan, bahkan membentuk sebuah ukuwah yg menjadikan diri tha ‘bermetamorfosis’.
Cukup 2 aja intiny. Hehehe,,,(dua getoo looh :P )

Dan yg paaliiing penting, sekurang-kurangnya UNJ, ia memiliki manusia-manusia yg luar biasa! Tha bersyukur banget dipertemukan dengan mereka semua.

Makasi banget ya buat,,
1. Ka rio, ka nurul dan ka nisa,, yang jadi mentor tha,mau berbagi ilmu, dan bersedia menanggapi ocehan2 ngeyel tha.
2. Duckies tersayang, yg ngajarin tha tentang “ukuwah dan uhibbuki fillah”. Maya yg bersedia menjadi “ibu” nya anak2 duckies. iMase, anak pertama yg rajin gantiin peran madam yg sring ga ada krena ksbukannye ngelayanin umat. Fury, anak ketiga yg mau dan setia nemenin tha kmana2. SIAGA (Siap antar jaga) deh,, hihihi. Ayu, si bontot yg sring ngajak aneh2, satu2 nya org yg “seperut” sama tha. Haha
3. Teman2 2007, dengan berbagai karakteristiknya, yg slalu“asik untuk diamati” dan mngajarkan berbagai hal sama tha.
4. Kaka2 klas angkatan 2004,2005,dan 2006, yg ngajarin ke”SOLID”an di TP, dan bner2 kerasa banget, dah kaya keluarga.
5. and so many more,,

Maafin tha ya, kalo ada perbuatan, perkataan atau khilaf apapun yg kurang berkenan, disebabkan ketidaksengajaan ataupun kepura-puraan tidak sengaja.

Tha percaya dan yakin banget ga ada yg namanya KEBETULAN, dan tha cari di KBBI mang ga ada. Heheh… segalanya udah diatur oleh-Nya dan itu ada hubungan sebab-akibatnya.

-Thanks ya Allah I’ve found they. Yg dah bikin hidup hambamu ini lebih berwarna dan ada TASTE nya! Heheheh-

21 August, 2009

My feelings

WHAT WILL YOU DO,IF YOUR BEST ISN'T GOOD ENOUGH??

Aku sering sekali terhenyak waktu tersadar bahwa sebegitu banyaknya apa-apa yang sekuat tenaga kita lakukan ternyata tidak cukup bagus untuk dibilang luar biasa.
Kita berjuang mati-matian menggapai sesuatu, ternyata tidak tergapai.
Mati-matian juga kita mencegah sesuatu nyatanya tidak tercegah.

our best, sometimes isn't good enough.

Seperti konser musik, mati-matian kita memainkan sebuah simfoni, nyatanya orang tidak bertepuk tangan.

Kita sudah tegar memang, meski sedih itu mengalir sendiri bak peluh, tapi kita sudah tegar memang, kita sudah bertahan memang.

**************

Dulu sekali, pernah suatu ketika kita diajarkan dengan tenang, bahwa semakin ikhlas kita punya niat semakin enak kita berbuat, semakin benar kita berencana semakin mungkin kerja kita terlaksana sempurna. Semakin pasrah kita, semakin bisa kita menerima ending episode macam apa juga.

Lalu mulai kapan kita tiba-tiba lupa?
seketika ingat maka buru-buru kita harus berdoa, aminkan ini hai teman!
“Tuhan…..bimbing kami pelan-pelan”.

biar khidmat kita bernyanyi, orang tak tepuk tangan, tak mengapa!
biar kuat kita mendaki, puncak belum juga sampai, tak apa!
biar dalam kita menyelam, dasar belum juga nampak, tak apa!

peluh hari-hari kita adalah untuk berbuat yang paling baik yang kita bisa, untuk jadi lebih baik tiap masanya.

meski “terbaik” kita tak cukup luar biasa, tak apa!!!!










"Seperti kepompong,kita tidak tahu bahwa suatu nanti kita akan menjadi kupu-kupu, yang kita tahu hanyalah bahwa kita sendiri, dalam gelap, dan semuanya menakutkan"

Cinta memberi

bila cinta tumbuh karena dorongan syahwat, ia adalah cinta terendah yang juga dimiliki binatang yang tertarik pada lawan jenisnya..
bila cinta memunculkan rasa ingin mendapatkan sesuatu, maka ia adalah cinta egois yang mementingkan diri sendiri..
bila cinta yang ingin mendapat sesuatu, maka ia adalah cinta yang pamrih dan bermotif keuntungan..
tetapi,,
cinta tertinggi adalah memberi dengan segala bentuk pengorbanannya.

cinta seperti inilah yang dimiliki seorang ibu pada bayi dan anaknya..
cinta ini memberi tidak memikirkan syahwat dan tidak mengharapkan balasan..
cinta tertinggi ini adalah cinta untuk memberi dan memberi,,
bukankah cinta tertinggi adalah cinta iLLahi, yang mencintai makhluk ciptaan-Nya dengan terus memberi dan memberi. bahkan ketika banyak hamba ingkar dan melanggar, ALLah tetap memberi dan memberi. Memberikan rezki dan anugerah-Nya sambil tetap membuka pintu tobat-Nya.

_________________________q
uoted from Bidadari paderi...__________________________________

aku si bunga matahari

aku si bunga matahari,
hanya dapat menatapnya dari kejauhan
tersipu-sipu menanti kehadirannya,
dan saat ia tiba, aku pun mekar dengan indahnya
berusaha mencapainya,,
walau aku tahu itu tidak mungkin,,
butuh waktu lebih dari ratusan tahun cahaya,,

bila saatnya tiba kau berganti tugas dengan sang bulan,,
aku selalu merasa sedih dan berharap esok kau akan datang kembali,
tertunduk dalam pengharapan,,

doaku padaNya,,"Tuhan, jagalah ia selalu untukku, jaga agar ia tetap bersinar menerangiku, walau ia tidak akan pernah menyadari keberadaanku."

Terima kasih ya Tuhan, kau telah menciptakan ia -sang matahariku-
yang selalu bersinar menerang bumi ini,
dan selalu memberiku sebuah harapan indah di hari ESOK, untuk melihat dirinya kembali..


-Itulah aku,,si bunga matahari-




"070409"

Sahabat

masalah kan datang silih berganti,
tak tahu kapan datangnya..
Di saat sedih dan bosan
kesendirianlah sahabat yang setia..
merenung dan merenung,,
mencoba menatap masa lalu
kemudian kembali ke masa kini
memikirkan apa yang akan dilakukan di masa mendatang
Di saat penantian,
barulah kita sadar
akan keberadaan sahabat sejatii
yang selalu ada di saat suka dan duka..

hati cuma satu

Di dalam diri kita terdapat 2 buah ginjal, 2 buah paru-paru, jantung dan HATI.
Jantung terdiri atas 2 bilik dan 2 serambi,
namun HATI tidak.

karena HATI CUMA SATU..
Itu berarti qta hanya dapat mencintai 1 orang saja.
Qta boleh suka dengan siapapun, tapi pada akhirnya hanya 1 oranglah yang akan mendapatkan HATI qta, yaitu orang yang qta sadari ,,bahwa kita benar-benar MENCINTAINYA,,

Tak brmakna

Sulit diTerima,bila keaDaANku hanyalah seumpama anak burunG yG masiH bLajaR terBang,
seDangKAn aLam mENerPany bGtU dahSyat,
mENCiciT aku,,tak didENGar..
BerTeriak,,aku tak bisa,itU bukan diriQ!!
keluarGA yG berWataK keras..
Dan aku hanya seekor burunG yG masiH bELAJAr terBang,,
tak tahu sepERTi apa terBang sesunGguhny..

Diam.. Mungkin iTu bAIK bAgIKU,
tak biSa aKu mENGikuTi pMikran meReka yG dEWasa iTu,atau lebiH tepatny TUA!
Karena SALAH yg Q rasa,tak seSuai dGn ajaran dan teorI yG dkEMukaKan..

SunGguH sULIT ya aLLah..
EnTah bGaimaNa Q mENyikapIny..

HaruSkaH Q mENANgIs smbIL berNyANyi!??

3 ta..

BaGi pRia iTu adALah harta,tahta dan wanItA
seDangKan bAgIku iTu adaLah harta,tahta dan cINTa
harTa dan tahTa dpT mMbuATmu lupa akan poSiSi sebAgAI pnERima amaNah,namUN loGikAmu masiH bsa mNunTunNy,jika haTimu terBuka

cintA,,mMbuaTmu lupa akan kbRadaAN drimu,krn sLaLu inGin mbUat dy yG kaU cintA jadi bAhAgIa,teruTama biLa kbAhAgIaAn iTu brASaL darimu,
sPerTi iTuLah yG kurasa dGn 1 ..ta ini,taKkan haBiS qta bCara cinTa,krn ia taK terDeFiniSikan,jamaK dan dinaMiS
bhkaN seoRang aLBert einStein pun taK dpT mBUat rumusNy!

1..Ta ini dpt mbUat pkiranKu mEmbuMbunG tinGgI,namUn jasadKu memBumi dsini..
SperTi tornAdo,naik tUrun,cmpuR adUK peraSaAnku diolahny
bIAS,kmbALi k ruTinITas,,
iniLah benaKku,tentANG sbuaH perASaAN..
Yg tak pernah dpt kUmaknai apa arti pErAsaAn ini..


CoNclusIoN :
terNyaTa seoRang mETa bsa puItis,tp hanya jika hatiNy d tITik punCak atAU lembAH
laBIL..Tak sepERti yG terLiHat pda cHasingNy..

-terasing-

Pernahkah kaU mrAsa haTimu kosOng,hampa?

JawaBku,,IYA..
SaAt ku mraSa aman & nyaman dLm sbh zOna,nMun mreKa yG trIkat dGn zOna tsb mraSa trGangGu dGn khADranku..
SaAt ku mNcoBa mNuLarkn smanGat & snyumku,namUN mreka mrAsa aku trLaLu soK tahu dan ikuT cMpUR,
kberadaANku tak brmakna,bGai sbuah krikiL d jaLanan.,karena aKu bKn kmuNITas,
hanya diam pelipur laraku,
tUHan,bgaimana?
Aku makHluk soSiAL,tak bSa hdp sndri,tp apa daya sIstem soSiALku mNoLak
taK bsaKah aKu mNjd pendukUNG yG tak hRs trIkaT dGn siStem?
AtaUKah inI resIKo yG hRs kuTanGgung krn kbEBasanKu?
mNjadi sbuah paRadoKS,sePi d antara kramaian!!
TerAsING..

LeLah,taK tahu hRus brkaTA apa laGi,
sunGguh BIAS!

segenggam gumam

Q iri padamU,krn kAu bBakaT mNuLis
Q iri padamU,krn kAu bpikir aNaLis
Q iri padamU,krn kAu bTindak loGiS
tp kaliyan bLg,iri pdaQ krN Q opTimiS
tak taHukaH kaliyan beTApa tKadaNG Q sanGat pESimIs?
KaliyaN bLanG hdUpQ sGt bHagIa,taK ad maSALah,krN Q sLaLu cERia,,teRTawa..
apaKah bHaGia dpT diuKur dGn tawa saja??

TrkadAnG dniaQ pun dLiPuTi kpaLSUan..
pErjaLanan hduPku mGkn sdah trTuLiS,dan Q tempuHi dGn ksAbAran krn Q sadar kbESaranMU TUHAN..
DosaKah bILa snGAJA aku hIduP tanPa mEMiLiH??
SdanGkan pada 1 siSi aKu sLaLu berAndai bAhWA inI semua miMpI dan Q sLAlu brHarap..
Dan taK pRnah iNgIN terbAnGun..

Senyuman

BeDa..
Tak ad sdkitPun irisan antara duniaku dan dy, tak seperTi diaGram vENn,hImpunAN semESta yG diUkir pakar matematik!
SatU haL saJa,dpt mNgubAH sGalany..
Senyuman..
BgITu dahSyaT dampaK yG dtImbuLkanNy, dgn 2 tarikan yG mMbenTuk garis lenGkung d wjahny iTu aku brubAh..
ParadiGmaKu tNtANg dunia yG Q tinGgaLi beraLiH,terkoNTaminASi..
Jgn sampai senyuman iTu dsaLahGunakan..JaNGAN!!
SebAb,,SENYUMANMU menGaliHkan DUNIAKU . .

Siapa Gerangan?

SuduT hatiku merInduKan keDatanganNy, entah siapa dia,,
bagaimANa rupanya,aku pun tak tahu.. Tapi aku hanya merasa ia pasti akan datanG mNjempuT hatiku yang sLaLu mENantinya,,
apa yg seDang dLakuKanNy? MudahKah rintANgan yg ia lewati unTuk mENemukanKu?
Tenang saja -sang matahari- ku,aku akan seLaLu mENanti kdatanganMu layakny si bunGa matahari,, hIngGa tibA saAtny qta berSaMa..

MaybE i'm faLLIng in LuV,coz u sTOle mY heART,oNE that i've bEen loOKinG foR sO loNG..

Someday

Pelajaran yG tha dpt gag hanya dr bku pLajaRan aja..
JustRu dri hobi tha yG suka bAcA or mNgamati haL2 yg dbLang gag jLas,tgkah laku orang.. Dari sanaLah tha byk bLAjar,, i SWEAR!! ProOf iT dEH, =)

ada kaLimaT yG 'nGena' bAnget bAgI tha..

"KENAPA?"
terLaLu bnyak 'kenapa' daLam hdup ini, tapI yah meMang iTu yG bkn qta hIdup, asaL taU kapan beRhENTi.
Qta hrus taU kapaN qta hAruS bErHenti nanya 'kENapa' dan bILang sama diRi qta snDIri... SOMEDAY We'll KNOW.
KarenA gag muNGkin aja pRjaLanan inI dkaSi Tuhan cuma buaT gTu doank, there musT bE soMethIng thaT we'll kNow in timE . .
SoMeDay we'll knOw WHY..
Dan qta hArus saBar biaR 'SOMEDAY' itU jd nyata,,

khususny untUK pertanyaAN "if i'm nOT madE for yoU then whY doES my heart tELL mE that i am?"
termasuK tha saAT ne,,haruS saBar hnGga tibA "SoMeDay I knOW why.."

keEP sPiRiT tha!
Thx mbAK krISty nELwan,tha agAK mENgUtIp kata2ny ne..
Duduwh fEel so mELLow, like nOT mE!!
HuHu..(^~^)

Aku yakin!!

Ada rasa gentar mENGhadapi hari esok. Tapi juga ada sUatU rasa inGIn tahu yG tingGi. Seperti apa pmNdgan d bALik tirai itU. Adakah sJuTa impian itU brtUmpuk dsana lakSana tmbunan eMas yG brCahaya? Ataukah hanya akan ad peta sLanjuTny uTk mNjd ptNJuk kmN mMpi iTu harus Q cAri? Smua sPerti miSTeri. MncobA mncoCokKn kodE dmI kodE uTk dpChkn tpi sLalu brtmu kmbALi dGn tanda tanya Besar.

Keyakinan kadang terGoyahkan krn ktakuTan mitos pRibAdi yG mNgatakan bhwa oPtimiS yG trLalu tinGgi biAsany akan mNdptkn jauh drI haL yG dhRapkan, dan kJadian slanjuTny adL brtman dGN keCEWA. Tpi pESimiS adl jG sbuah skap yg sALah uTK pnGEJar miMpi. Lalu bGaimanAKah forMULa yG tepatNya??

Smakin harI smakin byK hAL yG mbuaT pkranKu trbUKa dan mBuatku trPaCu uTk dEwasa dLm mNgatasi sGaLa haL. MunGkin bLm sMpurna,tpi pRoses mNuju sbuaH pndwasaAN diRi, mLiHat bHwa iNiLah sbuah duniA nYATA!!

Doakan aku yG dri hari k hari trus mRaCik forMULa uTk ksUksesanKu,, uNtUK sbuah miMpi yG bgTu bsAR, lulus kuLiah, berPartiSipasi poSitiF bGi linGkunGan, mMbina kLuarga dan genERasi hanDal tak hanya dunIAwi tp jG mNgGApai ridHA-MU y raBB..

Aku yaKIN!
Aku yaKIN!!
Aku pasti bisa mENcAPAI impian iTu, letaKKan 5cm d atas kpaLaKu dan kan Q raiH matahariKu,,!!

Muhasabah..

Bergerak..
Tanda bAhwa sesuATu itU hIdup,
dLm kehIdupan tentU ada perGerakan.
SepeRti apa esensI perGerakan iTu?
SeLaLu paHiTkah?
AdakaH munGkin seekor,sebuah atau seorang makhLuk berGerak begITu saja? LebiH tepatnya bergerak ruTin melintasi orbitnya?
SudahKah aku berGerak?
AdakaH orbiT perGerakanKu?
Dmana?
MerugIkah aku krena kcepatanKu yG koNstan? Atau lebiH parahnya mELAMBAT??

Ah,knapa sLaLu bertanya!?
MuhasaBah sepeRti ini?LayakKah?
Apa tak sepERti menunTuT!?

mengapa . . MeNgaPa . . MENGAPA . .

Kecewanya aku!!

BiLa maTa teLah dbuTakan
biLa teLinga ditULikan
biLa hati telah dbekukan
bukankah itU lebiH menYakitkan dbAndingKan orang yG buTa,tULi dan bisu?
Yg mereka angGap terPuTus kesempatan menGenaL dunia ini..

BiLa ia mEmiLiH seperti itU, dmAna aku mNdpatkan ceLah memperingatKanNy ya raBB?
SeDang mengIndahkan adanya diriku pun tidak!

MenGapa ia memiLiH itU?
TenGgelam dalam lembAh kpuTusasaAn, pdahaL itU hanya sdkit kKuranganNy saja, tapi mengApa ia berFokuS tengGELam dLm yg SEDIKIT itU, sdangkan BANYAK kelebiHan yg ia punya dbiarkan bgItU saja!?

Pernahkah kau dEngar kawan,
bAhwa 20 thn dari skarang, kita akan lebiH menYesaL atas hal-hal yg TIDAK pernah kita lakuKan, bkan atas haL-haL yg PERNAH kita lakuKan, meski itU sbuah KESALAHAN . .

SunGguh tak tahan diriku mLiHatny, smentara aku tLah bruSaha memperingatkanNy hnGga diri ini lelah,
skarang apa yg hrz kulakukan?
MungKinkah saAtny Q diam tanpa kata saja? MenungGu tangan-Mu turuT mencAmpuri urusan ini?

BuktikanLah janji-Mu tUhan, tUnjukKan pd dya bhwa seberat/sesukar apapun sbuah kesulitan pasti akan ada kemudahan setelahnya, karena aku yakin, yg terjadi saAt ini bkanlah orbit perGerakanNy, ia hanya seDikit kLuar orbit, terSesAT..

Surat pertamaku untukmu Bapak

Bapakku tercinta,
entah mNgapa inGiN kuTuLiS sbuah surat untUKmu, pertama kalinya dLm hdupku.
BnyaK skaLi yG ingIn kuUTarakan padamu, lewat rangKAian kataku ini.
SungGUH aku rindu padamu bApak, sdang apa dirimu dsana? Tha sLaLu mNgIrim doa untUKmu,mOGa aLLah mengAMpuni dan mEnyayangImu bApak.
Tahun ini usia tha beranjak 20thn pak(insya aLLah), usia yg diangGap dwasa, sudah dpt mNentUKan piLiHan hdup dan mNangGung resiko pILiHanNy sndiri.
Namun,sudahkah aku menjadi kbAngGaAnMU? Sudahkah aku mlaksanakan mimpi dan harapanmu?
Tak tauLah pak, tha hanya brusaha mlakukan yg terbAIK, sebATAS ku mampu. Mudah-mudahan kau liHat upayaku menGubAH diri ini, bermetamOrFosis menjadi kupu2 yg cANTik.
MenyesalKah kau mMiliki anak sPertiKu? Tak sempat aku menanyakan haL ini padamu.

BapakKu tercinta,
tak pandai aku meramu kata2, tapi sungGUH aku ingIN berkata lembuT sepERti ini padamu andai kau masiH ada.
Oiya pak, tadi tha nNtoN fiLM ketika cinta bertasbiH, d film itu buku2 plajaranNy dtULis dlm araB gundul, jdi ngIngetin tha ma bApak. Dulu bapak kn pRnah crita kLo surat cinta bApak sma mama pake huruf araB gunduL, biar ga ad yg bsa bAcA pesanNy. Trus bApak smpet ngajarin tha hruf araB gunduL bwt bekaL sRat cnta kya bApak sma mama, tp krna gada yg ngajarin gy tha jd lupa He he .
Kalian brdua memang pasangan teladan bAgI tha. BapakKu yg pndiam tp berwawasan luas, berhati lembuT, syang bgt ma anak. Mamaku yg berhati bAJa, brPendirian kuaT, snantiasa bLajar dan mengajarkan arti kehIdupan dan hubungan kita dgn sang pencipta,aLLAH SWT.
SungGUH tha pengeEeEN bgt seperti kalian, lahIr,hIdup, menikah dan meninGgal hanya untUK 1 kali. Dan mengarungI hdup dgn bAik,cAra2 yg dpt dkatakan sgT idEALis.

Pak, sekian dlu surat dri tha.
Salam dri mama yg sLaLu mencintaimu dan mendoakanMu dlm salat dan tahajuDny,

ananda bungSUmu,
mETa

Bumi Manusia

Hitam, pekat maLam
sepEKat itUkah masALah yg ada d dunIa ini?
Mengapa tak ada kdamaian aBadi d bumi ini? Segalanya terusIK oleh ilmu..Ilmu pengetahUAN,
menGapa KAU menciptakan surGA dan nERaka?
MenGapa..MengaPA..Dan MENGAPA??

Ah ya..Mudah saJA bAgI diriku unTuk menjAWaB pRtanyaAn itU,
semuanya taK lain adaLah pERsembAhan Tuhan pda manUSia, sehIngGA ia mencIpTAKAN dunia ini.. SebuTLah BUMI MANUSIA, penuh dgn koNFlik, intrik, solusi, mOdERN dan sdERet kata2 yg menyaraTKan kehIdupan d atasnya.
SebAb jIKA DIA mengIngInkan pERsembAhan uNTuk diri-Nya sendiri, mungKin yg tercipta adL BUMI DAMAI, sebAb tidak ad pekerjaAn lain bAgI manusia kCuaLI menyembAh-Nya.
SepeRTi yG termaktUB dLM firman-Nya, "dan tidakLah kuciPtakan jin & manusia, kCuALi untUK menYEMbAh-KU".

Semuanya adLah budaya, melintas dLM orbiT pERUbAHAN..
Dan aku perCaya, TUHAN seNantiaSA saBar dGN peRubAHAN diriku waLau lambAT..

KareNA TUHAN MAHA TAHU, tapi DIA MENUNGGU.

cermin diri

Kita diciptakan berbAngSa-bAngsa untUK salinG mENgenaL.

Sudahkah kita saling mengenaL?
TeruTama bAgI para saudara/i muslim dan mukminKu.
Tahukah kalian bAhwa mukmin itU merupakan CERMIN bAgI mukmin lainNy.
Tahukah kalian apa yG dmaksud CERMIN?
Ialah apaBila ada yG tidak beres/kurang sempurna pada reFLeksi bAyangan dirinya, maka yg dpErbAiki adaLah subjeknya, bukan reFleksi bAyangan pada cermin tsb.

Itulah yg menjadikan dasar diriku untUK mengENaL kalian dan jG mengenaL diriku.
Karena segaLa haL yg kalian lakuKan terhadapku merupakan cerminan akhlakKu, jika kaLian meningGikan drajatku artinya aku pun seorang yg suka meniNgGikan drajat org lain.
Dan jika kalian menceLa/mengHinakanku, dpt dkata aku adalah org yg suka menceLa/mengHinakan org lain.

TentU saja akHLakuL karimah kaLian yg mengHargaI diRiku ini yG aku dambAKAn, namun masIh bnyak haL yg harus kupeLajari,
aku memanG beLUm bisa seperti itU, tapi ALLAH senantiasa menungGu, bAhkan tak pernah jemu..
UntUK menANti perubAhanku

05 August, 2009

siapa GO-RO?

sedang mengingat-ingat hal yg ada di kelebatan pikiran,,
akhirnya nemuin sebuah topik yg bkin tha penasaran.

hmm,,taun lalu, di sebuah infotainment ada yg mengeluarkan state gini,,
" pemimpin yg berpengaruh di INDONESIA cuma NOTONOGORO,. gini loh maksudnya, mereka yg punya karisma besar dan banyak merubah sejarah INDONESIA ada urutannya berdasarkan NOTONOGORO. Dimulai dari soekarNO, lalu soeharTO, dan skarang susilo bambang yudhoyoNO."

hmm,,,itu berarti baru NOTONO doank yak?
trus GO-RO nya mana??
hihi,,ada2 aja deh,, pertanyaan terbesar tha, tyus kalo NOTONOGOROnya dah komplit INDONESIA komplit juga gitu?
atau malah berakhir??

nauzubillahiminzalik.

Aku satu sisi

Aku..
Tak lain adaLah seoRang PENGECUT!
Seringkali meLepas perGi kesempaTan,
tidaK menGerjaKan seSuatU yG sbenarnya aku sangGup,
aku mampu menGembAN dan mLaksanakanNya
membiarkan seGaLa idE2 cemERLangKu mengUAp
atau kembALi menjadi sbuah mimpi,
ya..Mimpi yG tragIs!
Tak pernah diniatkan unTuk direaLisasikan.
Dan biLa orang lain berHasiL mewujudkan sSuatU yG serupa mimpiku itU,
dGn rasa engGan dan geLiSah, bibir inI berkata,
"aku jG dlu pnya gagasan kaya gITu, cuma aja aku ga sempet ngErealiSasiInNy, aku ga pnya waktU dan suLit sepERtInya untUK ku wujudkan."
Aah..SudAh bermetamOrFOsaKah diriku ini?

suara (ku berharap)

SehaBis Taping kick andy kmrn yg mbAhas misteri d bALik kmatIan david hartanto, mahasiswa brPrestasi asaL indnesia yG dtduH bnuh diri d Singapura.

Tha jd brPikir tentanG keadaAn sgenap anak bAngsa lainNy yg akan/seDang skoLah/bkerja(TKI,dsb) kLuar nEgRi.

BagaImana dGn kemerdEkaAn serta kselamatan mereka dsana?

SeDang kita bercermin dari kasus david & TKI kita slama ini, dmana keadilan sepertinya tidak pRnah mEmiHak pda mereka.

Bahkan tdk ada upaya yg sunGguh2 dri pemerintah kita ktika mLiHat anak bAngsany tertindas d negeRi nun jauh sana.

KemerdEKaAn = Keadilan,,

namuN nampaknya bntUK keadilan slalu berbEda antara si miskin & si kaya, si bdoh & si pntar, si kuLit puTiH & si kuLit hTam.

Tha pernah nOntoN sbuah film bollywood (india) yg brcerita tTg keadilan yg menyimpang, dan itU terjadi pda tempat dmana sharusnya keadiLan itU ditegakKan, yaitU PENGADILAN!

Ending fiLM tsB dsimbolKan dGn terlepasnya pnuTup mata sang dEwi keadiLan, yg mNandakan keadilan akhIrny mEmiHak pd kbenaran (bAru stelah itU jogeD2an antara tkoh uTama dgn paCarny).

Berasa gak c?KoNtrasnya PENGADILAN dgn patUng dEwi keadilan d film tsb.

Masa patUng dEwi keadiLan matanya dtUtUP kain puTiH!Apa itU pertanda, bhwa keadiLan itU buTa?

Tak dpt meLiHAT kbenaran?

Akankah sELamanya suara keadiLan terbunGKAM?Apakah yG idEALiS itU slalu suLIT terjangKau?

Atau hanya sbuah suB sISTem dari UTOPIA(khayalan)??

Huff.. Aku tAK tahu ('_')

bukan jaminan!!

“Makan seafood yuk!ke muara karang, enak tuwh ikannya baru, masih segar.”

“yuk,, aku mau nyobain makan disana.”

”naek motor enaknya, gw sama suami gw, lo ma sapa?”

”aku naek angkot aja deh, mang angkot ksana apa?”

”ih, ga enak, mending lo telpon aja temen lo si X noh, dia kan mau nemenin lo kmana aja.”

”ogah, aku ga suka memanfatkan temen buat kepentingan pribadi. Lagian dia itu baik karena mengharapkan sesuatu dariku tauu..”

”yaelah, mang gunanya temen buat ape kalo ga dimanfaatin! Udah lo ajak aje, mumpung dia mau. Atau ga lo telpon mantan lo gih, dia juga pasti mau!”

”gag ah. Udah ah, aku mau ke perpustakaan aja. Assalammualaikum.”

”yaa,, bodoh ah, mendingan jalan-jalan tau!gag bosen apa lo ke perpus melulu.”

astagfirullah,,,perkara kecil gitu aja menyulut hati!

Ternyata hubungan sedarah yang terjalin selama berpuluh tahun mendiami atap yang sama ga ngejamin seseorang itu mengenal diri saudaranya ya.

Tapi itu pun bukan hal yg baru, ingat ujian yg diberikan ALLAH SWT pada nabi-nabi kita? Banyak yg di antaranya berasal dari anggota keluarga sendiri, seperti rasulullah dengan pamannya, lalu nabi Nuh AS dengan buah hatinya sendiri.

Semua itu terjadi karena mereka memiliki prinsip yg bersilangan, dan para nabi memilih prinsip syariat Islam.

Enggak jauh beda lah denganku, mencoba istiqamah di jalan-Nya memang enggak mudah, selalu saja ada rintangan, salah satunya ya seperti ini, kerikil kecil dari kakak sendiri.

Huff,, dakwah bagaimana ya yg bisa kuterapkan sama dia? Tentang hubungan pria dan wanita dalam Islam.

Padahal ia tahu, tapi tetap saja melihatnya bagai sesuatu yg terpisah.

Untuk saat ini, slow down baby, take it easy, just let it flow aja dulu deh.

Yang jelas aku dah memilih suatu prinsip, dan kumau prinsipku itu dihormati, setidaknya jangan diusik lah.

Aku hijrah!!

Senandung lirih nyawaku

Lirih senandungku,,
tak ada mentari yg menemani,
ingin ku berkata,," AKU LELAH"
namun perjuanganku belum sampai akhirnya,
istirahat panjang membuatku beku,
mati rasa.

inilah jerit keputusasaan,
ketidakberdayaan.
inilah fitrah manusia,
yang diciptakan dengan kekuatan diiringi kelemahannya
kebaikan disertai keburukannya
kemauan ditemani kemalasannya.

kesendirian membuatku berjelaga pekat.

Naunganku

Seperti bumi yang ikhlas, semua berpijak di atasnya,
memberi kami ruang untuk tumbuh dan berkembang.

Sperti kayu yang semakin matang oleh keadaan,
ialah saksi dari segala peristiwa dan jaman.

inilah milik kami,
tak indah laiknya punya kalian,
namun semua ini hasil jerih payah mereka yang mengasihi kami.
limpahi barakah di naunganku yia aLLah..

Ternyata hanya DIA

Jika hati gundah, gelisah, kemana kularikan diri ini?
Jika semua seakan melupakanmu, tak hirau akan eksistensimu, kemana kau mengharap?
Jika mereka, dia, dan kamu yg diharapkan menghibur dan peduli seakan berpaling, kemana ku mengadu?

Ternyata hanya DIA.
HANYA DIA yg bisa, mampu dan MEMANG DIA.
Karena DIA yg menciptakan sifat2 itu padamu,DIA tahu kadar keluh kesahmu,DIA tahu seberapa besar syukurmu.

Ketika aku mencintai makhluk ciptaan-Nya, aku KECEWA karena ketidaksempurnaan mereka.
Namun, ketika aku mencoba mencintaiMu, aku kembali KECEWA karena cintaku yg tidak sempurna!!

"Innalillahi wa innailahi raajiuun."
-Sungguh segalanya akan kembali pada-Nya-

"Demi Waktu"

Seringkali kita bersumpah “ demi ALLAH” bila kita benar-benar serius terhadap suatu hal.
Tahukah kalian, bahwa sesungguhnya aLLah pun telah bersumpah dan sering mengingatkan kita melalui kitabnya yang mulia yakni Al Qur’anil Kariim.

DIA bersumpah kepada kita dengan waktu.
“demi masa.” –Q. S Al Asr (1)
“ demi waktu matahari sepenggalahan naik (waktu duha). “ –Q. S Ad Duha (1)
“ demi fajar.” –Q. S Al Fajr(1)

Dan masih banyak waktu lainnya sebagaimana yang dapat dilihat di AL Qur’an.
Pertanyaannya, mengapa Allah SWT bersumpah melalui waktu?
Jawabannya pun terdapat dalam Al Qur’an .
“Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh dan saling nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya mendekati kesabaran.” –Q. S Al Asr (2 dan 3 )

Jelas dikatakan oleh-Nya, bahwa jika kita tidak dapat memanfaatkan waktu dengan baik, maka kita akan termasuk dalam orang yang merugi. Tentunya sebagaimana halnya seorang peniaga, kita tidak mau menjadi orang yg merugi bukan??
Untuk itu, kita harus dapat memanfaatkan waktu kita sebaik-baiknya. Di antaranya mengisi waktu kita dengan amal-amal kebajikan, saling menasehati terhadap kebenaran.
Meninggalkan segala hal yg bathil serta tak lupa sabar dan syukur pada-Nya. Itulah ciri-ciri orang yg beruntung.
Jangan sampai kita menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yg tidak berguna, selekasnya rampungkan segala urusan/ amanah yg ada di pundak kita.

Sebagaimana firman-Nya dalam Q.S Al Insyirah (7)
“faidzaa faragta fansab”
-apabila kamu telah selesai dari suatu urusan, maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain-

soo,,tidak ada yg namanya “bengong”, “berangan-angan”,atau ” nganggur”.
Kita dituntut harus produktif dengan waktu yg kita miliki di dunia ini.
Jangan sampai kita menjadi BURONAN DETIK!Karena sesungguhnya WAKTU ADALAH KEHIDUPAN.
Tak bisa diputar kembali.
Sekali bergerak maju, tak akan bisa mundur.
Tanggung semua resikonya!!
Karena tidak ada satu perbuatan pun yang tidak menanggung resiko.

* sedikit catatan dariku yg bersumber pada Al Qur’anil Kariim, serta ceramah pagi ”Mamah dan A’a”. SEMOGA BERMANFAAT. *

-28 Juli 2009-

AKU

Tak sanggup bila ku berjalan mendongak seperti dia
Tak mau aku berjalan menunduk seperti mereka
cepat bukan ciriku
lamban bukan caraku

berjalan ku terkadang menengok ke belakang
melongok ke depan
tak jarang pula berhenti sejenak, menatap.

Tak mau aku membayangi terlebih dibayangi.
Aku bukan kamu, dia, atau mereka.
Aku bukan binatang jalang seperti yg Chairil Anwar bilang.
Aku hanyalah.....AKU

Aku punya nama!!

GEMURUH

Ah..kembali!
Datang
Pergi
Seakan rumah singgah.
Tiada peduli akan jejaknya.
Tiada salah pikirannya.
Hanya aku merasai
Lama bernaung di daging tubuh
Terlalu!!
Kembalikan fitrahku!!
Tak layak kau curi cintaku untuk-NYA
Tak mau Sejarah terulang
Tak Mau!
Tak Mau!
Cukuuuuuppppp!!!!

A blinded battlefield

In a battlefield to win our prince charming then a "live happily ever after" ending, we might lose. a lot.
To someone who is most beautiful.
To someone who is richer.
To someone who is popular,
smarter,
funier,
nicer, and so on.

Well, finding the ultimate perfect guy is almost impossible, yet tiring and heartbreaking.
But do we stop?


Kita benci kekalahan, kan? Tapi kayaknya bakalan lebih menyedihkan kalau kita nggak belajar sesuatu dari hal itu :
*Bahwa terkadang kita sering dibutakan oleh 'kecantikan' laki-laki (uang, kekuasaan, atau tampang, bahkan terkadang semuanya ad dlm 1 paket) dan merasa kita telah menemukan laki-laki hebat yg sempurna yg kita cari slama ini tanpa mempertimbangkan bahwa di balik itu semua mungkin mereka bukan yg terbaik untuk kita.

*Waktu kita mengeluh tentang cowok-cowok yg cuma melihat pada fisik daripada sifat-sifat dan kualitas menyenangkan, mandiri, cerdas yg kita punya, kadang kita lupa bahwa kita juga sering berlaku sama terhadap mereka. Waktunya melihat lebih dari yg terlihat, ya kan gals?

*Kita nggak butuh memenangkan seorang Ken atau pangeran super ganteng yg layak untuk membuktikan bahwa kita spesial dan cantik.

*Hidup juga NGGAK CUMA SOAL MENEMUKAN pangeran impian kan??

*Dengan semua kekalahan dan kekecewan yg pernah kita rasa, mungkin pelajaran sesungguhnya adalah waktu kita masih bisa tersenyum dan bersyukur, berpikir bahwa kita sempurna apa adanya, dan yakin bahwa bakalan betul-betul ada prince charming kita yg sejati, yg akn berpikir seperti itu tentang kita. Dia, yg bakalan tetep bilang kita CANTIK dan SEMPURNA sekalipun kita sedang gosok gigi. So, keep loving and die trying?

Wanna add and share some more lesson?


~from novel Beauty Case created by Icha Rahmanti~

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik