Pages

25 February, 2016

Lagu Bogor Lumigar Mekar

Di nu kiwari ngancik nu bihari 
Seja ayeuna sampeureun jaga 

Tatapakan Pajajaran 
Dalingdingna Siliwangi 
Ngadeug nanjeur kota Bogor 
Di lelemah tatar Sunda 

Banjar karang pamidangan 
Panginditan pangbalikan 
Subur makmur kota Bogor 
Di pakusarakan 

Bogor lumigar mekar 
Beber layar tarik jangkar 
Bogor naratas jalan 
Pangwangunan karaharjan 

Cisadane jeung Ciliwung
Rampak gawe ajeg tangtu
Batu Tulis, Lawang Gintung 
Rancage gumilang nanjung 

Bogor, Bogor, Bogor lumigar mekar

Itu adalah lirik lagu sunda yang baru saja diajarkan di kelas saya. Masyaa allah, menjadi guru sepertinya memang harus serba bisa. Meskipun saya pendatang dan benar-benar buta bahasa sunda, kemarin terpaksa saya mengajarkan anak-anak menyanyi lagu tersebut. Sebab wali kelas kurang bisa menyanyi. Alhamdulillah, pengalaman ikut ekskul seni tari dan suara saat SMP masih berbekas dan saya praktikkan cara menyanyinya. Saya penggal-penggal, beri tanda dan perlahan anak-anak mulai bisa. Padahal saya sendiri baru mendengar lagu itu hari itu dan tak paham sama sekali artinya.

Hari ini, saat pelajaran seni budaya keterampilan anak-anak belajar menyanyikan lagu itu dengan kecapi. Alhamdulillah menurut guru seni kelas saya adalah yang paling hebat menyanyinya. Sebab kelas lain pun belum hafal lirik dan nadanya. Yaa... cukup berbangga meski agak bingung. Sebab salah seorang anak yang mendalami tahfiz Qur'an berkata pada saya dengan polosnya, "Ibu, aku gak boleh banyak nyanyi. Nanti hafalanku hilang."

Atuhlah... kudu kumaha iyeu ngajarinnya? Metode apa yang cukup cepat diserap anak selain menyanyi? Sebab saya cukup banyak memakai lagu yang saya modif untuk belajar IPA, MTK, AGAMA, dll. Sepertinya ibu guru harus bertapa lagi menggali ide.

Meta morfillah

1 comment:

  1. Selamat sore, Kak Meta. Apakah boleh saya minta notasi pentatonis (da-mi-na-ti-la) dari Lagu Bogor Lumigar Mekar ini? Karena saya sudah cari-cari di Internet dan tidak menemukan versi pentatonisnya, kebetulan saya ingin mencobanya dengan kecapi juga. Terima kasih banyak kak bantuanya.

    -DEY

    ReplyDelete

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik