Pages

23 August, 2024

[Review buku] Romansa STOVIA

Judul: Romansa Stovia
Penulis: Sania Rasyid
Penerbit: KPG
Dimensi: vi+353 hal, cetakan pertama Mei 2024 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786231342089

Novel ini berkisah tentang empat sekawan dengan latar belakang budaya yang berbeda. Mereka adalah Yansen (Belanda-Manado), Hilman (Bandung), Sudiro (Purworejo), dan Arsan (Padang), yang sama-sama berjuang meraih cita-cita menjadi dokter di tengah gejolak kolonialisme dan perbedaan sosial. Berlatar tahun 1918-1928 di Sekolah Dokter Jawa (STOVIA), persahabatan pun terjalin di hari pertama sebab adanya ketidakadilan, yakni orang Jawa dilarang bersepatu.

Masing-masing tokoh memiliki konflik pribadinya terkait motif bersekolah 9 tahun di STOVIA. Dengan gaya bahasa yang ringan, penulis mampu mengajak pembaca memahami perbedaan pada tiap budaya di masa itu. Sehingga karakter tiap tokoh terasa kuat. Juga deskripsi latar tempat serta suasana politik masa itu membuat saya seakan berada di dalamnya, meski nama beberapa lokasi menggunakan nama belanda, namun mudah menerka jarak hingga keramaian di lokasi yang dimaksud, termasuk bangunannya.

Romansa yang dibangun pun cukup menarik, ditambah sedikit bumbu kisah detektif. Sempat membuat ekspektasi saya agak tinggi mengira akan jadi novel kriminal. Tapi ternyata tidak dilanjut, dan agak berlama-lama di bagian ini. Sedikit membosankan dan membuat saya bertanya untuk apa tokoh pendukung ini ada. Sebab tak mempengaruhi signifikan terhadap alur cerita.

Cocok dibaca oleh kamu yang suka fiksi sejarah, romance dalam persahabatan, dan penasaran dengan sekolah kedokteran di zaman kolonial.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #bookstagram #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #romansastovia #sejarah #saniarasyid #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget