Pages

03 August, 2024

[Review buku] Teru teru bozu


Judul: Teru teru bozu
Penulis: Ziggy Z.
Penerbit: Dar! Mizan
Dimensi: 13 bab, cetakan pertama September 2014 (edisi digital ipusnas)
ISBN: 9786022424819

Boneka teru teru bozu (penangkal hujan) yang lucu ternyata menyimpan kisah menyeramkan. Apalagi setelah terjadi pembunuhan di Sekolah Nada, tempat Kagome belajar. Korban ditemukan persis bentuk teru teru bozu, berselimut kain putih, dengan kepala menggembung bulat, leher terikat dan tergantung.

TKPnya pun di lokasi yang menjadi cerita hantu sekolah. Namun, Tsugumi dan Hibara menyelidiki kemungkinan bahwa itu adalah pembunuhan berantai. Namun, apa yang menghubungkan para korbannya? Siapa yang melakukannya? Apa motifnya?

#Novel fantasi remaja ini ternyata begitu menarik. Sekilas saya teringat Creepy case club kasus soleram. Mengungkap kisah gelap di balik lagu anak-anak. Bedanya, latar yang digunakan adalah Jepang. Penulis piawai sekali menjelaskan kebudayaan Jepang dengan ragam festival dan kisah misterinya.

Namun, untuk tokohnya menurut saya kurang detail deskripsinya. Fokus penulis membangun kisah hantu teru teru bozu, sehingga saat sampai ke ending yang tidak disangka, agak sulit bagi saya membayangkan kronologi peristiwa dan fisik tokoh pembunuhnya. Itu bila sesuai prasangka polisi, beda lagi jika memang itu hantu.

Dari ending itu, saya merasa agak kurang jelas penyelesaiannya dan membuat pembaca menebak akhirnya sepemahaman mereka. Meski begitu, #buku ini cocok untuk kamu yang suka kisah misteri/hantu/pembunuhan dengan latar Jepang.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #bookstagram #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #teruterubozu #ziggyzezsyazeoviennazabrizkie #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget