Pages

31 July, 2024

[Review buku] White wedding


Judul: White wedding
Penulis: Ziggy Z.
Penerbit: Pastel Books
Dimensi: 251 hlm, cetakan pertama September 2015 (edisi digital ipusnas)
ISBN: 9786027870659

Elphira terlahir albino yang menyebabkan ia begitu membenci warna putih. Karena tubuhnya yang putih, ia merasa seperti hantu anak wanita berusia 11 tahun. Ia tidak bisa beraktivitas normal seperti anak lainnya. Ayah yang ia sayangi sakit kanker sel darah putih. Ibunya gila di hari kelahirannya saat mengetahui suaminya sakit dan anaknya albino. Semua hal terkait putih adalah kesedihan. Hingga ia bertemu dengan Sierra, anak lelaki berambut merah, dengan senyum malaikatnya. Sierra tidak seperti anak lelaki umumnya, ia terlalu baik. Atau... Benarkah ia memang malaikat?

#Novel yang amat menyentuh hati. Dengan tema tentang satu warna, tiap babnya pun diberi judul senada warna putih. Memberi saya wawasan tentang jenis dan nama-nama putih yang ternyata beragam. Belum lagi kisah hangat tentang keluarga, hingga banyak sekali kata-kata indah yang ingin saya abadikan. Diksinya puitis, lembut, menenangkan. Dan tentu saja, karakter yang kuat membuat saya larut dalam perasaan Elphira.

Meski saya sempat sebal, beberapa karya penulis menggunakan sudut pandang anak kecil, tapi bahasanya seperti orang tua bijaksana yang menelan banyak ensiklopedi. Rumit. Tapi makin lama terasa masuk akal sebab latarnya dibuat memang tidak di indonesia. Kekurangan lainnya, alur yang lambat dan konflik yang sederhana membuat agak bosan di pertengahan menuju ending. Twistnya pun ketebak, meski masih menimbulkan pertanyaan terkait interpretasi Sierra. Malaikatkah? Teman imajikah? Alangkah serunya jika ditambah sudut pandang ayah atau nenek.

Cocok dibaca bagi yang suka tema tentang penerimaan diri, menghargai perbedaan, kehangatan keluarga, dan suka diksi puitis dengan bahasa ringan.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #bookstagram #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #whitewedding #ziggyz #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget