Pages

01 July, 2024

[Review buku] Jejak balak


Judul: Jejak Balak
Penulis: Ayu Welirang
Penerbit: GPU
Dimensi: 384 hlm, cetakan pertama 2023 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786020674469

Dima tak menyangka, akibat keberanian dan kevokalannya dalam membuat berita, mengantarkan ia ke pelosok Sumatra Barat. Dalihnya mutasi ke Kaba Jorong, tapi rasanya seperti dikirim ke media yang hampir mati. Belum lagi satu mes dengan 3 orang yang aneh baginya. Ada Timur, lelaki Mentawai yang tak pernah tidur; Agam, lelaki Aceh yang memiliki rahasia; dan Teti, wartawan wanita yang mandinya lama sekali.

Tapi ternyata, berita yang ia dapatkan justru membuat Kaba Jorong naik trafficnya secara daring, melebihi kantor pusat. Berawal dari penemuan 2 mayat pembalak liar yang disangka diserang Inyiak (harimau), namun ada hal janggal yang ia dan Timur telusuri. Hingga berjatuhan korban berikutnya dan penemuan forensik bahwa pelakunya adalah manusia.

Isu kerusakan lingkungan oleh orang kaya pemilik perkebunan sawit dan penguasa tamak dibalut unsur klenik adat setempat membuat cerita ini menarik. Mengingatkan saya juga akan isu terdekat terkait hutan adat di Papua. Sedih hati membayangkan seperti dalam #novel inikah kegeraman yang dirasakan penduduk sekitar.

Saya suka gaya bahasa sang penulis, membuat saya memahami alur berita naik di koran dan jaringannya. Namun untuk twist ayahnya Mahzar dan endingnya yang belum jelas membuat saya bertanya kembali akan beberapa poin. Penggalian akan masa lalu Mahzar hingga penyebab ia berubah masih kurang dalam, lebih banyak ke Dima dan Timur, jadi konklusinya kurang wow.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #jejakbalak #ayuwelirang #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget