Pages

22 July, 2024

[Review buku] Kami (bukan) jongos berdasi


Judul: Kami (bukan) jongos berdasi
Penulis: J. S. Khairen
Penerbit: Grasindo
Dimensi: 385 hlm, cetakan pertama April 2024 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786020530802

#Buku ini adalah seri kedua dari serial "kami bukan sarjana kertas" yang menceritakan lika-liku kehidupan para alumni Universitas Daulat Eka Laksana (UDEL) setelah mereka lulus dan memasuki dunia kerja.

Ternyata benar kata Bu Lira, bahwa dunia kantor lebih busuk ketimbang kampus. Hingga mimpi yang mereka punya pun kadang harus terkubur, berganti realitas  pekerja kantoran di Indonesia yang harus beradaptasi dengan budaya kerja yang penuh tekanan, intrik, dan ketidakadilan. Ogi, Ranjau, Arko, Gala, Sania, Juwisa, Cath hingga Lira berusaha untuk bertahan hidup dan mencapai mimpi mereka di tengah sistem yang keras dan penuh rintangan.

Mereka semua memiliki konflik dan latar belakangnya masing-masing, sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan karakter yang relatable dengan kehidupan mereka.
 
Novel ini cocok dibaca bagi siapa saja yang ingin mengetahui realitas dunia kerja dan mendapatkan inspirasi untuk memperjuangkan mimpi mereka.

Sayangnya, saya agak terganggu dengan typo di beberapa bagian dan ketidaktepatan penulisan kata depan di-. Meski demikian, saya tetap ingin baca lanjutannya "Kami bukan generasi bacot", apalagi ada spill di epilognya yang bikin penasaran dengan siapa Ranjau menikah. 

Saya apresiasi 3,5 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #bookstagram #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #kamibukanjongosberdasi #jskhairen #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget