Pages

06 July, 2024

[Review buku] Semangat, Tante Sasa!


Judul: Semangat, Tante Sasa!
Penulis: Thessalivia
Penerbit: GPU
Dimensi: 272 hlm, cetakan pertama 2021 (edisi gramedia digital)
ISBN: 9786020656489

Seorang wanita karir mandiri, biasa pulang tengah malam cari hiburan, dititipi anak 6 tahun selama sebulan. Rasanya dunia terbalik!

Itulah yang dialami Sasa ketika terpaksa menjaga keponakannya, Velisa, saat ibunya pergi haji. Tidak ada kerabat lain yang bisa diminta tolong, sebab orangtua Velisa sudah meninggal akibat kecelakaan. Awalnya, memang terasa berat bagi Sasa, namun perlahan ia menikmati mengasuh keponakannya. Hingga hidupnya menjadi lebih tertib, tidak pulang melebihi maghrib.

Banyak hal yang baru ia sadari saat mengasuh Velisa. Tentang pengorbanan ibunya sebagai single parent saat membesarkan ia dan kakaknya. Tentang kepastian hatinya untuk mengakhiri hubungannya dengan Seno yang telah beristri dan memiliki 2 anak. Juga tentang sayangnya pada Velisa dan upaya ia berbaikan dengan ibunya.

Sederhana, namun isu yang diangkat cukup berkesan. Bila dikulik, isu ketahanan keluarga berdampak pada masa depan anak. Mengapa Sasa bisa jatuh pada hubungan tidak sehat? Sebab ia kehilangan cinta ayahnya. Komunikasi ibunya pun perlu diperbaiki, agar anak tidak melulu menyalahkan orangtua disebabkan ketidakmengertian mereka. Dari anak, ternyata kita mendapat banyak pelajaran dan berefleksi tentang hidup kita sendiri. Ada perjuangan memaafkan dan berdamai dengan luka.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #semangattantesasa #thessalivia #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget