Pages

21 August, 2024

[Review buku] Sang Raja


Judul: Sang Raja
Penulis: Iksaka Banu
Penerbit: KPG
Dimensi: vii+383 hal, cetakan pertama September 2017 (edisi gramedia digital/ipusnas)
ISBN: 9786024243319

Berkisah tentang perjalanan hidup Nitisemito, seorang kusir dokar hingga menjadi raja rokok kretek yang disegani dan memegang peranan penting bagi industri rokok di Indonesia. Bahkan diakui sebagai orang kaya Indonesia oleh Soekarno dalam pidatonya di BPUPKI.

Melalui dua sudut pandang, yaitu dari perspektif Wirosoeseno (pribumi) dan Filip Rechterhand (Belanda) penulis menceritakan tentang kesuksesan "Sang Raja" dalam bisnis, lika-liku kehidupan pribadinya, dinamika keluarga, dan pergulatannya dalam dunia bisnis yang penuh persaingan. Dua sudut pandang itu memberi perspektif berbeda pada satu peristiwa yang sama. Sebab tentu saja perlakuan terhadap pribumi dan Belanda Indo (yang menikahi wanita pribumi) juga berbeda.

Rentang waktu yang cukup panjang (1900-1953) pun menjadi daya tarik ragam peristiwa sejarah di Indonesia. Membacanya di pekan kemerdekaan membuat lebih memahami dan tercerahkan tentang keadaan masa kolonial-kekosongan-hingga kemerdekaan.

Novel ini fiksi, tapi risetnya seperti biografi yang ketika saya telusuri di wikipedia hampir semuanya tertulis persis dengan alur novel. Meski begitu, tetap saja karya fiksi ini berbeda dengan biografi, kita tidak tahu di mana bagian yang dibumbui agar menarik. Dan menjelang akhir terasa cukup membosankan dan datar.

Cocok dibaca oleh kamu yang suka fiksi sejarah, perlu motivasi bisnis, dan penasaran dengan keadaan Indonesia di zaman kolonial hingga merdeka.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Meta Morfillah

#1hari1tulisan #bookstagram #resensibuku #reviewbuku #bacabuku #sangraja #kretek #iksakabanu #fiksi #metamorfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget