Pages

19 February, 2016

Tabing dan home visit

Menyenangkan bercerita hal apa saja yang saya alami bersama para guru kecil saya. Meski tetap ada hal yang kurang menyenangkan, saya lebih memilih mengabadikan hal-hal positif saja. Pekan ini misalnya, saya mulai memegang beberapa amanah. Ada banyak kegiatan yang akan berlangsung. Dan inilah yang membuat sekolah islam yang memakai konsep sekolah alam terasa menarik.

Pertama, saat olahraga anak-anak melakukan tabing (arung sungai menggunakan ban) di sungai katulampa seberang sekolah. Bagi saya yang seumur hidup bersekolah di kota Jakarta, melihat sungai bersih saja merupakan pengalaman mewah. Apalagi menggunakannya untuk kegiatan. Jadi pengalaman kemarin sangat berkesan, ketika guru-guru kelas turun ke sungai. Murid dan guru sama-sama merasakan bagaimana pemanfaatan alam sekitar. Anak-anak pun paham bahwa membuang sampah ke sungai selain menyebabkan banjir, juga membuat sungai kotor dan tidak bisa dipakai tabing... hahaha.

Kedua, persiapan home visit ke rumah salah seorang murid. Saya dan wali kelas memersiapkan segala hal dan merancang kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama di rumah murid tersebut. Di sini terasa kembali bahwa sekolah tempat saya mengajar benar-benar membuat guru dan murid bersikap kreatif. Ada dua kegiatan, memasak dan membuat karya dari barang bekas. Jujur saja, saya tidak terlalu kreatif untuk hal prakarya. Di sekolah inilah saya jadi 'terpaksa' bisa, dan harus selangkah lebih maju agar bisa memandu murid melakukan hal yang sama.

Bahwa guru benar-benar menjadi yang digugu dan ditiru amatlah berat, namun sepadan bila melihat karakter dan kemajuan yang dihasilkan sang murid. Pengulangan hal yang sama tiap hari membuat saya belajar kesabaran dan keikhlasan untuk menerima karakter tiap anak serta bertawakal pada Allah untuk meluruskan hati dan perilaku anak. Sebab semua kehebatan adalah izin Allah yang diupayakan melalui ikhtiar.

Nah, itulah pembelajaran pekan ini. Pekan depan sepertinya akan lebih seru, karena ada agenda besar. Mengenai kejadian lucu, ada baaanyaaak... cukup untuk stok saya senyum-senyum sendiri hehe.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget