Pages

17 June, 2013

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru

Siapa bilang jadi guru itu mudah? Dua tahun mengajar saja belum tentu dapat menjadi guru yang baik dan benar (eeh..itu mah saya curhat. heheh). Seorang guru dalam mengajar haruslah memiliki beberapa keterampilan dasar. Keterampilan ini akan berdampak pada kelancaran dan keefektifitasan kegiatan belajar mengajar. Berikut beberapa keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru :
  1.      Keterampilan membuka pelajaran
Kegiatan ini sekilas nampak sepele, namun dalam penerapannya guru harus memiliki keterampilan ini, karena sangat penting. Kegiatan ini merupakan bentuk mengkondisikan Kegiatan Belajar Mengajar. Fungsinya untuk memfokuskan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa pada topik atau materi yang akan dipelajari.
Dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya mengucapkan  salam. Cara lainnya, yang sering sekali dilakukan adalah dengan menjelaskan topik apa yang akan dipelajari dan tujuannya.
  2.      Keterampilan menjelaskan dan bertanya
Keterampilan ini merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Guru yang efektif mampu menjelaskan materi dengan tepat dan cermat. Selain itu seorang guru juga harus memiliki keterampilan bertanya, baik bertanya dasar ataupun keterampilan bertanya lanjut. Hal ini berfungsi untuk mendorong siswa berpartisipasi aktif dan mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi.
  3.      Keterampilan memberi penguatan
Jenis penguatan dapat berupa positif dan negatif baik dalam bentuk verbal ataupun nonverbal. Contoh penguatan positif nonverbal ialah memberikan tepuk tangan terhadap pertanyaan atau jawaban yang benar dari siswa. Sedang penguatan positif verbal, bisa dengan memujinya seperti berkata,”Tepat sekali jawabanmu” atau “Ya,100 buat kamu.” Hal ini penting untuk mendorong siswa meningkatkan prestasi belajarnya.
  4.      Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
Seorang guru juga harus mampu membimbing diskusi klompok kecil. Dia harus mampu mengkondisikan dan memfasilitasi siswanya untuk berdiskusi. Lewat metode diskusi ini guru dapat mengembangkan sikap percaya diri siswanya dan membangun  interaksi antar siswa. Tapi, diskusi ini juga memiliki beberapa kelemahan yaitu tidak semua diskusi itu efektif, kebanyakan siswa hanya 10 menit pertama serius, selebihnya ngobrol.
  5.      Keterampilan menutup pelajaran
Dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya memberi kesimpulan (ringkasan), mengadakan evaluasi penguasaan (tanya jawab), memberikan tindak lanjut (tugas), serta mengucapkan salam.
  6.      Keterampilan mengelola kelas
Guru harus tanggap terhadap keadaan siswa (bergerak mendekati), memandang seluruh siswa dengan tatapan hangat, responsif terhadap diskusi atau pertanyaan. Guru harus mampu memberikan variasi dalam belajar, luwes, menanamkan kedisiplinan agar KBM menjadi menarik dan menyenangkan.

No comments:

Post a Comment

Text Widget