Siapa bilang jadi guru itu mudah? Dua tahun mengajar saja belum tentu dapat menjadi guru yang baik dan benar (eeh..itu mah saya curhat. heheh). Seorang guru dalam mengajar haruslah memiliki
beberapa keterampilan dasar. Keterampilan ini akan berdampak pada kelancaran
dan keefektifitasan kegiatan belajar mengajar. Berikut beberapa keterampilan
dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru :
1. Keterampilan membuka pelajaran
Kegiatan
ini sekilas nampak sepele, namun dalam penerapannya guru harus memiliki
keterampilan ini, karena sangat penting. Kegiatan ini merupakan bentuk
mengkondisikan Kegiatan Belajar Mengajar. Fungsinya untuk memfokuskan dan
membangkitkan rasa ingin tahu siswa pada topik atau materi yang akan
dipelajari.
Dapat
dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya mengucapkan salam. Cara lainnya, yang sering sekali
dilakukan adalah dengan menjelaskan topik apa yang akan dipelajari dan
tujuannya.
2. Keterampilan menjelaskan dan
bertanya
Keterampilan
ini merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Guru yang
efektif mampu menjelaskan materi dengan tepat dan cermat. Selain itu seorang
guru juga harus memiliki keterampilan bertanya, baik bertanya dasar ataupun
keterampilan bertanya lanjut. Hal ini berfungsi untuk mendorong siswa
berpartisipasi aktif dan mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi.
3. Keterampilan memberi penguatan
Jenis
penguatan dapat berupa positif dan negatif baik dalam bentuk verbal ataupun
nonverbal. Contoh penguatan positif nonverbal ialah memberikan tepuk tangan
terhadap pertanyaan atau jawaban yang benar dari siswa. Sedang penguatan
positif verbal, bisa dengan memujinya seperti berkata,”Tepat sekali jawabanmu”
atau “Ya,100 buat kamu.” Hal ini penting untuk mendorong siswa meningkatkan
prestasi belajarnya.
4. Keterampilan membimbing diskusi
kelompok kecil
Seorang
guru juga harus mampu membimbing diskusi klompok kecil. Dia harus mampu
mengkondisikan dan memfasilitasi siswanya untuk berdiskusi. Lewat metode
diskusi ini guru dapat mengembangkan sikap percaya diri siswanya dan
membangun interaksi antar siswa. Tapi,
diskusi ini juga memiliki beberapa kelemahan yaitu tidak semua diskusi itu
efektif, kebanyakan siswa hanya 10 menit pertama serius, selebihnya ngobrol.
5. Keterampilan menutup pelajaran
Dapat
dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya memberi kesimpulan (ringkasan),
mengadakan evaluasi penguasaan (tanya jawab), memberikan tindak lanjut (tugas),
serta mengucapkan salam.
6. Keterampilan mengelola kelas
Guru harus tanggap
terhadap keadaan siswa (bergerak mendekati), memandang seluruh siswa dengan
tatapan hangat, responsif terhadap diskusi atau pertanyaan. Guru harus mampu
memberikan variasi dalam belajar, luwes, menanamkan kedisiplinan agar KBM
menjadi menarik dan menyenangkan.
No comments:
Post a Comment