Pages

19 June, 2013

Implikasi Teori belajar pada Teknologi Pendidikan



Teori belajar
Belajar sering didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang dilakukan secara sadar, menetap dan bukan karena pengaruh obat-obatan. Belajar tersebut dapat dilakukan dan terjadi dengan berbagai banyak cara. Masalah yang dihadapi para guru sekarang ini adalah bagaimana supaya siswa mau belajar. Untuk melaksanakan strategi tersebut, para guru dapat menerapkan berbagai teori belajar yang menurut mereka cocok dengan materi pembelajaran.
Apakah teori belajar itu? Teori belajar adalah sebuah teori yang bersifat deskriptif karena menggambarkan dan menjelaskan bagaimana kegiatan belajar itu berlangsung. Teori ini bersifat goal free karena tidak dimaksudkan untuk mencapai sebuah tujuan melainkan dimaksudkan untuk memberikan hasil.  Ada berbagai jenis teori belajar, di antaranya teori behavioristik, teori kognitif, teori humanistic dan teori konstruktivistik.
Teori belajar behavioristik terkenal dengan dua variabelnya yaitu stimulus dan respon atau biasa disebut S-R. Teori ini menganggap tingkah laku manusia sama dengan hewan. Apabila diberikan suatu stimulus (rangsangan) tertentu maka akan menghasilkan respon(tanggapan) tertentu pula. Teori ini berpendapat bahwa cara terbaik untuk sukses adalah dengan mengulang-ulang (reinforcement). Teori ini memiliki kelemahan yaitu bahwa manusia adalah makhluk yang kompleks. Tingkah lakunya dipengaruhi juga dengan super ego (perasaan). Sehingga tindakan yang akan dilakukan manusia akan selalu berubah-ubah dan tidak dapat terprediksi seperti yang dikatakan oleh hokum behavioristik.
Berikut ciri teori behavioristik :

  1. Mementingkan reaksi
  2. Mementingkan pengaruh lingkungan
  3. Mementingkan bagian-bagian dari keseluruhan
  4. Mementingkan sebab-sebab terjadinya masa lampau
  5. Mengutamakan “trial and error”
  6. Mengutamakan mekanisme terjadinya belajar
  7. Mementingkan  pembentukan kebiasaan

Teori belajar kognitif memandang belajar sebagai suatu yang aktif. Mereka berinisiatif mencari pengalaman untuk belajar, mencari informasi untuk menyelesaikan masalah, mengatur kembali, dan mengorganisasi apa yang telah mereka ketahui untuk mencapai pelajaran baru. Jadi disini siswa dituntut untuk belajar menemukan (discovery learning).
Berikut ciri teori kognitif :

  1. Mementingkan peranan kognitif
  2. Mementingkan keseluruhan dari bagian peranan kognitif
  3. Mementingkan apa yang ada pada diri manusia
  4. Mementingkan pembentukan struktur kognitif
  5. Mengutamakan “insight (pengertian)”
  6. Mengutamakan keseimbangan dalam diri manusia
  7. Mementingkan  kondisi waktu sekarang

Teori belajar humanistic lebih menekankan pada sisi afektif siswa. Teori ini beranggapan untuk memanusiakan manusia. Karena teori ini memandang manusia sebagai sebuah pribadi yang memiliki berbagai kebutuhan seperti kasih sayang dan berkaitan dengan emosi, perasaan, nilai, sikap dan moral (Beane, 1985/1986).
Berikut ciri teori humanistik :

  1. Mementingkan manusia sebagai pribadi
  2. Mementingkan kebulatan pribadi
  3. Mementingkan peranan kognitif dan afektif
  4. Mementingkan persepsi subyektif yang dimiliki tiap individu
  5. Mengutamakan terjadinya aktualisasi diri dan self concept
  6. Mengutamakan “insight(pengertian)”
  7. Mementingkan  kemampuan menentukan bentuk tingkah laku sendiri


Implikasi Teori belajar pada Teknologi Pendidikan
           Berbagai teori belajar tersebut sangatlah penting dalam bidang teknologi pendidikan. Karena teori-teori belajar tersebut merupakan landasan teknologi pendidikan dalam memfasilitasi pembelajaran. Dengan mempelajari berbagai teori belajar tersebut, teknolog pembelajaran dapat memahami penggambaran dan mendapat kejelasan bagaimana proses kegiatan belajar mengajar terjadi.
            Dan dengan mengetahui hal tersebut, maka teknolog pembelajaran dapat membuat sebuah teori pembelajaran yang bersifat goal oriented yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan yaitu memberikan saran-saran atau cara-cara untuk menciptakan situasi pembelajaran yang ingin dicapai (preskriptif).


Iska Meta Furi

No comments:

Post a Comment

Text Widget