Pages

12 June, 2013

KETERKAITAN BAHASA INDONESIA DENGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Oleh: Iska Meta Furi

            Setiap disiplin ilmu yang ada saling memiliki keterkaitan. Begitu pula dengan bahasa Indonesia dan teknologi pendidikan. Pada hakikatnya bahasa adalah bahasa tutur (Poepoprodjo, 1987 : 110). Menurut Ensiklopedia Indonesia (Bandung/Den Haag, t.t) kata ‘bahasa’ berarti “alat yang melukiskan sesuatu pikiran, perasaan, atau pengalaman; alat ini terdiri dari kata-kata. Dalam perhubungan antara manusia dan manusia dipakai orang bahasa (kata-kata) itu sebagai simbol (lambang) yang objektif untuk memaparkan sesuatu pikiran atau perasaan yang subjektif”. Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa bahasa adalah sebuah alat komunikasi yang digunakan untuk memaparkan seseuatu pikiran atau perasaan.
            Sedangkan bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan Indonesia yang telah disetujui oleh rakyat Indonesia dalam isi sumpah pemuda 28 Oktober 1928. Bahasa Negara sebagaimana disebutkan dalam UUD RI 1945 Bab V pasal 36. Fungsi Bahasa Indonesia di antaranya adalah sebagai bahasa resmi, bahasa pengantar dalam dunia pendidikan Indonesia serta alat pengembang kebudayaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
            Teknologi Pendidikan pada hakikatnya adalah pemecahan masalah pendidikan (tindak belajar manusia) dari segala aspek, bukan hanya digunakannya mesin-mesin dan alat-alat elektronik dalam pendidikan. Dari pengertian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa segala cara yang diupayakan untuk memecahkan masalah belajar adalah kompetensi teknolog pendidikan. Hal tersebut tidak hanya tentang alat atau mesin yang digunakan dalam pembelajaran, melainkan meliputi bagaimana penyajian materi, komunikasi serta bahasa yang digunakan.
            Keterkaitan bahasa Indonesia dengan teknologi pendidikan sangatlah erat. Dalam rangka memecahkan masalah belajar, diperlukan adanya strategi untuk mengkomunikasikan materi dengan baik. Hal tersebut dilakukan tentunya dengan bahasa yang baik dan benar. Tentu saja bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, di mana bahasa tersebut adalah bahasa yang dipahami dan digunakan sebagai bahasa resmi oleh seluruh rakyat di Indonesia. Juga Bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.
            Teknologi pendidikan juga menuntut untuk dapat menyampaikan sebuah pesan melalui cara yang tepat. Maka sebagai teknolog pendidikan, kita pun harus mampu untuk mendesain sebuah pesan dengan benar. Biasanya hal tersebut dilakukan dengan visualisasi. Lalu bagaimana cara kita menangkap ‘meaning’ dari pesan tersebut. Lagi-lagi di sinilah peranan bahasa Indonesia memiliki andil. Dengan menambahkan sedikit ‘caption’ berupa kata-kata yang sesuai dengan gambar tersebut, maka gambar/visualisasi tersebut pun akan mudah dipahami oleh orang yang dituju (learner).
            Intinya, sebagai teknolog pembelajaran yang baik, kita harus mampu untuk mengolah dan menginterpretasikan bagaimana bentuk-bentuk bahasa digunakan oleh manusia, dalam komunikasi dan secara khusus, bagaimana pendidik membentuk pesan kebahasaan yang ditujukan kepada pebelajar dan bagaimana pemelajar mengolah pesan-pesan tersebut dalam usaha menginterprestasinya.
            Jangan kalian lupakan bahwa salah satu penentu keberhasilan proses belajar bahasa adalah penguasaan keterampilan-keterampilan tertentu dalam berbahasa, di antaranya keterampilan menulis. Maka tidaklah heran Bahasa Indonesia dijadikan sebuah mata kuliah umum yang wajib diambil oleh mahasiswa untuk menunjang pengetahuan mereka akan keterampilan menulis ilmiah. Karena pada akhirnya nanti mereka akan dituntut untuk menghasilkan sebuah karya tulis ilmiah yaitu SKRIPSI.
            Demikianlah artikel hasil pemikiran saya pribadi, semoga dapat bermanfaat. Mohon dimaafkan apabila ada kesalahan dalam penulisan, dikarenakan penulis masih dalam tahap belajar. Kritik dan saran akan sangat dihargai oleh penulis. Terima kasih.



Sumber referensi :
Buku
Sobur , Alex, M.Si. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung : Rosdakarya.
Media cetak dan internet
Diktat kuliah dari dosen yang bersangkutan.
http://www.scribd.com/doc/11710131/Makalah-Aplikasi-Teknologi-Pendidikan

No comments:

Post a Comment

Text Widget