Pages

10 June, 2013

Menikmati demokrasi


         Hidup di Negara yang menganut Demokrasi seperti Indonesia ini berarti kita harus belajar menikmati demokrasi tersebut. Apapun resikonya. Karena itu yang kita jadikan dasar sistem pemerintahan kita. Walau harus masuk angin sampai terkentut-kentut di jalan, gw ga boleh ngeluh. Kenapa bisa? Well.. gw ceritain..

            D.E.M.O.K.R.A.S.I dimulai dari minggu malam pkl 21.00 WIB. Pemilihan ketua RT di tempat gw lahir, mandi dsb. Walau bukan gw yang menjadi perwakilan atas KK (Kepala Keluarga), tapi gw kebagian jaga rumah sampai kakak & kakak ipar gw balik dari pemilihan tersebut. Alhasil gw yang biasa bobo pkl 19.00 dan bangun pkl 04.00 ini terpaksa beli camilan sambil ngerikin & jagain mama yang sedang sakit (ga nyambung banget dah! Tapi intinya gw harus menjaga mata gw agar tetap melek). Dan subhanallah banget! Ternyata selesenya pkl 01.00 dinihari. Alhasil gw baru bisa tidur [ga] nyenyak pkl 01.30. And then… pkl 05.00 gw udah bangun. Solat, masak air, nyapu, ngepel, dsb sampai pkl 07.00. Setelah itu gw mandi dan berangkat naik ojek untuk agenda Sidang Umum BEMF pkl 07.30. Bukannye sok kaya, asli gw gy kismin banget. Tapi SU BEMF itu diadakan di kampus D, Halimun yang notabene jaraknya lumayan dekat dari rumah tapi akomodasinya sangat tak terfasilitasi & merepotkan. Hanya ojeklah yang dapat mencapainya tepat waktu. Okelah gw pergi dengan langganan ojek gw, Om Mul. Ternyata eh ternyata,,,,gw lupa ini teh hari Senin. Dan jalur yang gw lewati adalah padat perkantoran. Alhasil gw nyampenya ga jadi pkl 07.30 teng. Merasa bersalah banget gw, karena ternyata komitmen gw ga sesuai kenyataan. Tiba di lokasi, gw lihat HP menunjukkan pkl 07.51. And then… SUBHANALLAH banget!! Ternyata gw adalah anggota BEMF pertama yang hadir untuk SU [bareng Ana sih naik ke lantai 3nya]. Anak BPM sudah ada sekitar 6 orang. Allahh…rasanya pengen tenggelaam. Maluuuu boii. Tapi biasa aja lah, gw stay cool . Langsung cari tempat duduk yang dekat stop kontak, nyalain laptop, pasang modem, wuuuss….berseluncur rialah gw di dunia maya. Sambil makan  bekal yang sebenarnya buat makan siang tapi malah gw jadiin sarapan.

          Eng…ing..eng…krikk…kriikk. Pkl 09.30 belom dimulai juga. Okelah gw cabut ke musholla lantai 1, solat dhuha. Biar demokrasi gw demokrasi beriman…hahah… pkl 10.00 akhirnya SU dimulai. Lama di perdebatan tatib, AD/ART yang gak jelas, susunan acara dan apalah macam itu. Dan gw sebagai peserta sidang yang menginginkan keprofesionalan hanya manggut-manggut, dan berkata “Setuju,,setujuu aje biar cepet!!” dengan muka cengo’ bloon. Sumpah ga ngerti sama sekali sama agenda2 negara kayak begini. Apelagi gw di BEMUN yee?? Hwakakakakaka….

          Lagi asiknya menikmati sidang, teman tersayang [fury] SMS gw kalau PA tercinta gw sang Babe Nurdin kangen pengen membubuhkan tanda tangan pengesahannya untuk KRS semester ini. Dan tidak boleh diwakilkan. Maka berangkatlah gw bersama sobat multi talented gw [nurul] ke kampus A. Gedung daksinapati tercinta yang selalu ramai. Setelah solat, makan, dan tetek bengek lainnya. Kembalilah kami ke gedung Halimun untuk menyaksikan lanjutan SU. Sayang sungguh disayang, di tengah perjalanan kadept nurul [qory] SMS bahwa penilaian oleh BPM sudah dibacakan. Padahal itu yang kami tunggu.. OH NOOO!!! Qory mengabarkan bahwa dept. kaderisasi mendapat nilai C, sedangkan  Entrepreneurship bernilai D. Oh my Allah… spontan gw berpikir dept. HUMAS [gw] tercinta pastilah dapat E kalau tak disediakan nilai Z. Cenat-cenut perasaan gw..  Tapi ternyata Tuhan dan malaikat masih mengiringi gw. Mereka membuat silap mata penilaian itu. Karena Dept. gw tercinta, HUMAS mendapatkan nilai A. Thanks Allah, Engkau selalu tahu yang terbaik. Karena kalau sampai jelek nilainya, gw udah ngancem bahwa hidup gw ga ada artinya sampai bikin tuh departemen jelek nilainya. Hahahahah lebay sangadh!

          Belom selesai kegembiraan gw, ada surprise lagi. Kali ini dari sobat cantikku sedepartemen, Maya. Gw dikasih hadiah ULTAH (agak telat dari 22 Oktober, but that's nothing..hoho) berupa pin bertuliskan nama gw METHA [walau yg bener itu META]. Manisss bangeettt,,,so sweeeeeettt. Thanks mayaaa, gw yakin dikerjainnya dengan penuh cinta dan hati-hati nih.
Thanks Maya
       Okelah…akhirnya SU selesai sekitar pkl 16.00. Dan gw yang kismin, harus berusaha menghemat ongkos. Sehingga gw ga boleh naik ojek. Awalnya mau nebeng sama nurul sampai pertigaan megaria, but ga ada helm gy. Nurul yang tidak enak sama gw & takut juga sama polisi jadi bingung. Gw ga tega ngeliat mukanya. Akhirnya dengan PD gw meyakinkan nurul tinggal nyebrang dan nunggu angkot 49 dari jembatan gw akan tiba dengan selamat di rumah. Berpisahlah kami di mesjid…[lupa namanya]…. Dan dengan PD nya gw naik ke tegel jembatan samping lampu merah, memeluk tas ransel hitam gw dan menunggu. Terus menunggu sampai 15 menit. Kriiikk…kok ga ada angkot yang lewat ya? Hmm,,perasaan gw jadi tak menentu. Geser-geser dikit ke kiri. And GUESS what I see??! Ada jembatan satu lagi di seberang sana,,,yang dipisahkan oleh kali indah dan harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.  Dari kejauhan kulihat banyak angkot berwarna oranye silih berganti berhenti disana. Sangat yakin…itu jembatan yang tepat. Dan selama 15 menit tadi gw ke-PD-an nunggu di jembatan yang salah. Alamaaakkk,,,kututup mukaku pakai handuk putih hadiah obat ambeien itu. berjalanlah daku sambil istigfar, membodoh-bodohi dan pada akhirnya tertawa terpingkal-pingkal terhadap kbodohanku sendiri.

          Tapi boii…indahnyaa jalan yang kulalui. Ini nama-nama jalannya dan apa saja yang menarik bagiku. Kepersembahkan dalam foto… Gaya jeprat-jepret ala turis, sampai diketawain orang-orang yang lewat. “Moto kok papan jalan,,aneh” kata mereka. Tak apalah, sudah biasa aku dibilang aneh. Ahhahaha
Sejauh mata memandang, aku harus berjalan
Pemandangan langka di tengah perjalanan. JAMBAN MOBILE.. hahah
Widiiihh.. ada mobil klasik! Kayak di Ray, Wyoming, Amerika


          Dan alamak…sesampainya di seberang jembatan itu untuk menunggu 49. Aku terjebak menunggu hingga 10 menit. Kau mau tahu apa pasal aku menunggu itu? padahal jaraknya tak lebih dari 500 m? ular besi itu boii…rel kereta api yang melintang, alarmnya berbunyi..”teng,,teng,,,teng,,,”. Pertanda ular besi itu mau lewat. Tapi boi,,ternyata yang lewat itu bukan Cuma satu, tapi EMPAT boi! EMPAT!! SUBHANALLAH BANGET!!!

         Nah itulah sebab aku sampai masuk angin terkentut-kentut di jalan kawan. Tak lain tak bukan karena aku menikmati demokrasi ini. Sungguh,,terimalah & nikmati demokrasi walau kau harus rugi, keki, dan basi. Karena itulah yang terpilih di Negara ini boii.

Udah ah ceritanya..
Eh tapi aku punya pertanyaan boi..
Apa selalu ya demokrasi ini mahal, lama, dan kadang tidak mufakat???

Thanks udah mau baca boii…

2/7/2011 7:33 PM

With love,
meta morfillah



No comments:

Post a Comment

Text Widget