Pages

19 June, 2013

Tips mengatasi rasa bosan/jenuh di kantor


Bosan kadang datang saat kerja melanda. Kadang karena load terlalu banyak, atau malah tidak ada kerjaan. Kalau aku sih seringnya karena banyak kerjaan, tapi ga ngerti harus mulai darimana. Searching iseng, kalau kata om google apa yaa kiat mengatasi jenuh terhadap pekerjaan. Check this out!
1.      Jaga Kesehatan dengan istirahat yang cukup
Kejenuhan akan rutinitas mungkin disebabkan dengan menurunnya stamina tubuh anda. Cobalah intropeksi makanan yang anda konsumsi setiap hari, apakah sudah memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna? Atau bagaimana dengan jadwal istirahat anda? Istirahat yang kurang berdampak dengan produktivitas kerja. Perbaiki pola makan dan istirahat anda, sehingga kerja semakin semangat. (Benar nih, ngaruh banget. Penuhi hak tubuhmu. Jaga kesehatan, walau niat tinggi kalau lagi kurang sehat jadi kurang optimal toh. Jangan zalim sama tubuh sendiri, yaa.. kamu).
2.      Cari Sahabat Untuk Curhat
Pilihlah teman yang baik untuk ngobrol dan menerima curahan hati anda. Hati-hati memilih teman, sebelum cerita lihatlah gaya bicara dan pergaulannya, jangan sampai menjadi duri dalam daging. (Naah… hati-hati, shalat istikharah dulu sebelum memilih teman curhat! Hahaha… serius loh! Tidak semua mereka yang rajin tersenyum sama kamu, hatinya juga tersenyum. Sama kayak dia, eh, fokus Met! Fokus!!).
3.      Percantik Ruang Kerja
Jenuh dengan suasana yang itu-itu saja, anda dapat menghias meja kerja yang sesuai dengan anda harapkan. Hiasi dengan foto pribadi atau foto keluarga. Pasang kalender, sehingga anda dapat mudah mengingat targetkan kerja sesuai dengan jadwal yang ditentukan. (Kagak muat! Di meja udah penuh sama buku-buku dan segala macam. Mau pasang foto keluarga ukuran 10 R aja ga muat. Hemm….)
4.      Lakukan Hobi
Cobalah melakukan hobi setelah bekerja atau saat jam istirahat. Misalnya anda suka membaca, bawalah buku, novel atau majalah ke ruang kerja anda. Lakukan hobi di sela-sela bekerja tanpa mengganggu konsentrasi anda bekerja. Jika anda hobi berdagang, anda dapat membawa dagangan saat jadwal gajian. Hobi dapat mengurangi ketegangan saat anda bekerja, ajak juga teman-teman di lingkungan kerja yang satu hobi untuk melakukan secara bersama-sama, misalnya janjian untuk merenang atau wisata kuliner. (Kadang kalau lagi jenuh banget saya nulis, kayak sekarang ini. Sekadar curhat ke blog, atau baca Qur’an. Tapi seringan sih dengar musik atau dengar gombalan kamu, #eeh bahahaha)
5.      Kerja Cerdas
Jika anda jenuh dengan tipe kepemimpinan atasan, anda dapat mengatasinya dengan mencari tahu apa penyebabnya. Pahami kebiasaan atasan, misalnya ada atasan yang mementingkan ketepatan waktu, akurasi menjadi nomer kesekian. Untuk itu, usahakan tugas yang anda kerjakan dikumpul sesuai dengan jadwal, revisi menyusul. (Cari tahu dengan jarimu. Aduhh… memahami pak boss sama kayak memahami kamu! Bukan mustahil, hanya agak sulit! Butuh perjuangan keras… ooh…oohh)
(http://bubusharah.com/2013/01/tips-menghilangkan-kejenuhan-dalam-kerja/)

Tapi… kalau semua masih belum mengusir rasa jenuh itu, mungkin kamu butuh dia ada di sampingmu eh liburan maksudnya. Hadeehh… migrain bikin ga fokus niiih. Sudahlah… selamat menikmati, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Text Widget