Pages

27 June, 2013

Doa

Picture taken from here

























7 Ramadhan 1432 H
7 Agustus 2011 M

Marhaban yaa Ramadhan..

Awal ramadhan hingga hari ini, terik begitu menyengat. Seperti hendak membakar habis seluruh dosa manusia, menyeleksi siapa yang sungguh mempersiapkan diri untuk Ramadhan ini.

Ramadhan yang berbeda tahun ini bagiku. Pertama kalinya sendirian segala sesuatunya. Mungkin inilah fase dewasa sesungguhnya. Kawan kecilku pergi, kawan kuliahku sudah tersebar dengan kesibukan masing-masing. Tak ada lagi kuliah yang mengikat kami untuk bertemu pada waktu yang tetap. Tanggung jawab semakin banyak menumpuk di pundak ini, harus sesegera mungkin diselesaikan. Betapa banyaknya amanah yang harus ditunaikan, namun waktu yang tersedia begitu sedikit. Bergegas itu niscaya, agar tak terlindas roda waktu. Namun, jangan lupakan untuk merenung.

Kali ini kubaca lagi firman persaudaraan itu. Kalimat yang menguatkan, di kala hati merasa lelah dan sendiri.
“Iman itu mengikatkan kita dalam persaudaraan yang menembus batas ruang dan masa. Ia menyatukan kita dalam doa-doa yang selalu kita bagi pada sesama peyakin sejati. Sebagaimana tanpa kita sadari, tiap detik berjuta lisan melafalkan doa ini untuk kita. Bahkan tanpa disadari, para nenek moyang berdoa untuk cicit canggahnya, dan para anak cucu berdoa untuk tua-tua leluhurnya. Mereka mungkin tak pernah berjumpa, terpisah oleh ruang dan masa. Tapi mereka bersatu dalam doa. Dalam IMAN. Dalam persaudaraan akbar yang melintasi gurun, kutub, hutan, lautan dan zaman.”

Ya Allah ya Rabb, begitu hebatnya persaudaraan ini. Melewati batas darah dan kandungan. Dalam rindu yang bercerita ini, engkau maha tahu apa yang ingin kusampaikan. Semoga selalu kau jaga mereka yang terkasih dengan kasihMu yang sempurna ya Allah. Mereka yang telah memberikan celupan warna Ilahi padaku. Mereka yang telah bersedia ada untuk memberiku penerangan ataupun menjadikanku penerangan. Mereka yang tertulis dalam kitabku untuk menjadi guruku.

Kuatkanlah...kuatkanlah...ikatan ini.
Aamiin.

Meta morfillah





No comments:

Post a Comment

Text Widget