Pages

28 June, 2013

Kere itu Kreatif


Hari ini kebetulan tha lagi libur ngajar. 
Bangun siang, jam 9. Entahlah, lagi capek banget rasanya nih badan. Efek PMS maybe. Terus, setelah bebenah, tha tiba-tiba pengen masak! Lihat kulkas, cuma ada telur 5 butir dan sayur sawi. Lihat bumbunya, cuma ada bawang putih dan bawang merah beberapa siung. Bener-bener kulkas kosong! 

Tha putuskan untuk menyayur bening sawi & semur telur. Bener-bener menu ringkas & dikit bumbu. Sudah hampir selesai, hanya tinggal menumis bumbu semur. Dan tha baru sadar, ternyata gak ada minyak goreng! Tha paksain keluar setetes pun dari botolnya, seret! Akhirnya tha muter otak, gimana caranya biar semur telur ini tetap berhasil! Tanggung banget kan! Tha ga beli minyak goreng karena ketika tha lihat dompet, pas-pasan uang tinggal 15 ribu untuk ongkos besok. Berharap banget besok gaji udah bisa diambil. Tadinya mau minta ke mama, tapi tha maluu sendiri. Nyadar gitu, udah kerja, tapi hasilnya kok ga berasa ke keluarga tha kayaknya. Dan tha baru tahu, ternyata kemarin mama cuma megang duit 6 ribu yang tha kasih buat sarapan. Dan itu dipake buat makan siang sampe sore untuk mama sama uda tha. Alhasil scara garis besar, mama kemarin ga makan! Gilaaa.. anak macam apa tha! 

Udahlah,tha bismillahh aja. Akhirnya tha sangrai aja dengan api kecil tuh bawang. Finally, jadi juga semur ala kadarnya tha. Rasanya lumayanlah, dan udah tha baca-bacain doa biar keluarga tha ga ada yang sakit makan masakan tha ini. 

Tapi, inti tha ceritain ini bukanlah untuk dapat respon kalian yang biasanya seperti ini: "Ciyuusss? Miapah?!" Atau "Terus gw harus salto sambil bilang 'WOOW' gituu!?".
Bukan itu yang tha harapkan! 

Tha cuma mau berbagi hikmah yang tha dapat hari ini : 
1.      Hidup susah itu mengajarkan kita untuk kreatif! Contohnya tha sangrai bumbu tadi, kalo gak karena bokek banget, mana ada ide tha untuk masak dengan cara seperti itu.
2.      Sesusah apapun hidup ini, kita masih bisa ketawa. Menertawakan diri sendiri, ketawa miris, ketawa garing, ketawa sedih. Apapun itu, nikmati ajaa. Tapi azzamkan dalam hati, bahwa kita harus berubah lebih baik. 
3.      Tha jadi sadar realita hidup, bahwa kita harus bisa menghitung pasak dan tiang kita. Biar ga besar pasak daripada tiang. Akhirnya tha sadar, selama ini tha kerja ikhlas. Belum kerja cerdas. Penghasilan tha masih di bawah UMR, dan tha belum bisa berdikari. Karena tha masih aja belum bisa menghidupi kluarga tha. Itu dari segi penghasilan aja. Selebihnya tha bersyukur banget udah bisa kerja, ngajar & dapat ilmu hidup yang banyak. Tapi, sepertinya ALLAH mau tha untuk bisa lebih. Artinya, tha harus move on cari kerja tetap yang bergaji pokok. Karena tha punya tanggungan mama & uda tha. 
4.      Apapun itu, ga usah ada penyesalan. Hidup bukan untuk disesali, tapi untuk disyukuri. Kalau gak ada hitam, gak mungkin kita tahu putih. Kalau gak ada buruk, gak mungkin kita kenal 'baik'. 

Alhamdulillahh..cuma itu yang ingin tha sampaikan.

Meta morfillah.
2 Oktober 2012


No comments:

Post a Comment

Text Widget