Pages

25 June, 2013

Kualifikasi seperti apa yang dibutuhkan dalam membuat artikel penelitian?


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah artikel hasil penelitian. Kualifikasinya harus berupa karya tulis ilmiah, di antaranya,
   a.       Ragam bahasa
Bahasa yang digunakan dalam membuat sebuah artikel hasil penelitian haruslah lugas, lurus, monosemantis, dan ajeg (Harjasujana,1993:3). Bahasa dalam ragam keilmuan harus cermat dan hemat karena menghendaki respon yang pasti dari pembacanya.kelugasan, keobjektifitasan, dan keajegan bahasa artikel hasil penelitian membedakannya dari ragam yang lain, seperti ragam bahasa sastra yang halus, estetis, dan ragam bahasa jurnalistik yang singkat, jelas dan padat.
  b.      Struktur artikel hasil penelitian
Artikel ilmiah yang didasarkan hasil penelitian secara umum terdiri atas tujuh hal yaitu judul, abstrak, pendahuluan, cara penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, simpulan dan daftar pustaka.
1.      Judul artikel
Tidak harus sama dengan judul laporan penelitian. Di bawah judul dicantumkan nama penulis tanpa gelar dan lembaga tempat bertugas.
2.      Abstrak
Memuat inti permasalahan, cara penelitian, hasil dan kesimpulan. Abstrak tidak boleh lebih dari 100 kata. Artikel berbahasa Indonesia, abstrak ditulis berbahasa inggris. Artikel berbahasa inggris, abstrak ditulis berbahasa Indonesia. Di akhir abstrak ditulis kata-kata kunci (keywords).
3.      Pendahuluan
Berisi latar belakang masalah (mengapa masalah itu diteliti), perumusan masalah, tinjauan pustaka, dan keterangan-keterangan terkait dengan tulisan.
4.      Cara penelitian
Menguraikan cara-cara pelaksanaan penelitian mencakup subjek penelitian, populasi dan sampel, pengumpulan data dan teknik analisis data.
5.      Hasil penelitian pembahasan
Berisi uraian hasil yang diperoleh kemudian diberi pembahasan(penjelasan) ilmiah berdasarkan rujuka tertentu sehingga masalah yang dikemukakan dapat dipecahkan. Hasil penelitian juga dibandingkan dengan hasil-hasil penelitian yang relevan.
6.      Simpulan
Memuat pernyataan singkat tentang hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan rumusan permasalahan.
7.      Daftar pustaka
Hanya memuat pustaka yang dipakai dalam penyusunan artikel ilmiah saja. Tidak perlu sama dengan daftar pustaka yang terdapat dalam laporan penelitian.
  c.       Etika penulisan
Ciri-ciri keilmiahan artikel ilmiah (hasil penelitian) seperti berikut ini. Pertama, objektif, artinya isi artikel hanya dapat dikembangkan dari keadaan actual yang memang exist, walaupun eksistensi fenomena yang menjadi focus bahasannya berbeda antar bidang ilmu yang satu dengan yang lain. Kedua, rasional yang merupakan tradisi ilmuwan. Ketiga, kritis karena berfungsi sebagai wahana menyampaikan kritik timbale balik terhadap sesuatu yang dipersoalkan. Keempat, reserved(menahan diri, hati-hati) jujur, lugas dan tidak menyertakan motif-motif pribadi dan kepentingan tertentu. Pengutipan sumber harus disertai identitas sumber yang jelas.

No comments:

Post a Comment

Text Widget