Pages

16 September, 2015

[Review buku] Ashabul kahfi melek 3 abad

Judul: Ashabul Kahfi melek 3 abad
Penulis: Nadirsyah Hosen & Nurussyariah Hammado
Penerbit: Noura books
Dimensi: xx + 258 hlm, cetakan I september 2013
ISBN: 978 602 1606 03 2

Buku ini terbagi menjadi tujuh bagian berjudul "Ketika kedokteran dan neurosains mutakhir menjelajah al quran", "Kisah kang ujang dan kawan-kawan memahami al quran", "Sosok ilmuwan besar dari rahim al quran", "Saat akal sehat menjelajah al quran", "Saat al quran menggugah kalbu", "Puasa persembahan cinta", dan "Hati-hati dengan permata hati". Total terdapat 60 artikel atau cerita dalam buku ini. Ya.. ini adalah bunga rampai.

Gaya bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami. Sayangnya, ekspektasi saya di awal membaca buku ini adalah sebuah kajian mendalam mengenai ashabul kahfi dan fenomenanya ditinjau dari aspek neurosains. Namun nyatanya itu hanya salah satu kisah pendek di buku ini. Penjelasannya pun tidak terlalu akademik dan tak terlalu memberi perspektif baru buat saya.  Menaruh harap pada kisah-kisah selanjutnya, yang ada saya malah merasa aneh dan sering berucap "Loh, kok!?" Sebab dari judul buku ini, ekspektasi saya tak lepas berharap besar peninjauan dark akademis kesehatan, nyatanya tetap saja kisah-kisah yang sudah berulang. Bahkan, kadang hanya menautkan kisah berdasarkan pemahaman penulis seperti cinderela dan ayat kursi. Yang sebetulnya menurut saya agak terlalu dipaksakan. Kurang pas untuk menautkan dengan konteksnya. Jadilah semakin membaca lebih jauh, saya merasa tak ada yang baru. Tidak ada solutif bahkan bau-bau akademis kesehatan. Saya merasa judul buku ini, hingga judul tiap babnya tidak sinkron dan konsisten dengan apa yang dibahas. Aneh.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

"Semakin Tuhan mencintai hambaNya, semakin berat cobaan dan ujian dihidangkan kepada hambaNya itu." (Hlm. 155)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget