Pages

05 June, 2015

#Day5 Bukan hal baru

Tidak ada sesuatu yang baru di bawah matahari. Semua hanya pengulangan.

Derita kita, bukanlah hal baru.
Saat ayah saya meninggal, saya kira hidup saya tidak akan lebih baik atau menyenangkan lagi. Nyatanya, saya masih hidup hingga hari ini, dikenal dengan wajah yang selalu ceria, hingga saat wajah saya muram mereka bilang itu tidak cocok bagi saya. Padahal saya pernah begitu tidak bersemangat hidup dan sedih hingga berhari-hari seperti mayat hidup. Tapi, saya yakin hal seperti itu bukanlah hal baru. Ada banyak derita yang serupa, dialami jiwa-jiwa lain yang mungkin jauh lebih tangguh dari saya. Tak pernah mengabarkannya pada dunia.

Cinta kita, bukanlah hal baru.
Jatuh hati diam-diam, memendam rindu, patah hati dalam diam lalu pulih diam-diam. Takut membuka diri, pengingkaran, lalu perlahan menerima dan berhasil jatuh hati lagi. Segala romansa cinta itu juga bukanlah hal baru. Pernah ada yang mengalami seperti kita. Semua hanya pengulangan pada manusia yang berbeda. Sikap yang berbeda.

Kisah kita, bukanlah hal baru.
Jalan hidup kita, hingga jalinannya ke diri kita saat ini bukanlah hal baru. Banyak orang yang pernah mengalami atau memiliki kesamaan kisah yang berkelindan dengan kisah kita.

Jadi, tidak usah berpikir terlalu jauh, ingin mencipta yang wah. Sebab semua hanya pengulangan.
Jangan berpikir terlalu istimewa dengan derita, cinta, dan kisah hidup kita, sebab semua hanya pengulangan.

Baiknya, dari pengulangan itu kita belajar... menghindari yang tak baik, sebab tidak semua harus kita alami, serta tak ada waktu untuk mencoba segala hal. Belajar memaksimalkan usaha sehingga memberi dampak besar. Berkaca pada pengalaman-pengalaman sebelumnya. Karena begitu banyak yang merasa semua hal yang terjadi pada dirinya adalah hal baru, hingga mereka mengabaikan petuah orang yang terdahulu mengalaminya.

Hati-hati tergelincir dengan pandangan 'baru' yang nyatanya kejadian sama, hanya terjadi pada orang yang berbeda dan sikap penerimaan yang berbeda.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget