Pages

21 August, 2015

Rida

...telah Kuridai Islam itu jadi agama bagimu... (Q. S. Al Maidah [5]: 3)

Ada banyak agama di dunia, tapi hanya Islam yang diridai Allah. Apa sebenarnya yang dimaksud ridha?

Menurut KBBI tahun 1990 warisan bapak saya, rida itu memiliki dua arti. Pertama artinya rela, suka, senang hati. Arti kedua adalah perkenan, rahmat. Dapat disimpulkan bahwa sesuatu yang diridai adalah sesuatu yang diperkenankan, diizinkan, dirahmati, dan dijalankan dengan kerelaan dan suka hati. Tanpa ada beban.

Lalu saya teringat percakapan dengan seorang kawan.

"Aku sekarang revisi doaku, Met."

"Hah? Kenapa?"

"Dulu, aku selalu mendikte Allah begini begitu, sesuai keinginanku. Lalu saat Allah tidak mengabulkannya dan memberikan pilihan lain yang bukan pilihanku, aku agak sulit menerimanya. Berat, Met."

Aku diam. Masih tak paham maksudnya. Apa yang direvisi?

"Lalu aku sadar, bahwa aku ternyata tidak rida terhadap ketetapanNya. Ada yang salah pada doaku. Maka sekarang aku ganti doaku menjadi 'Ya rabb, ini pilihanku, maka ridailah. Bila ini kurang baik menurutMu untukku, maka buatlah aku rida terhadap keputusanMu. Agar tak berat hatiku menjalaninya.' Begitu, Met. Aku meminta Allah meridai dan membuatku rida pula. Sebab, bila hanya Allah yang meridai, tapi kita menjalani takdirnya tidak rida, lama-lama kita akan lupa bersyukur."

Aku manggut-manggut sambil berpikir. Lalu berkata,

"Iya juga ya, rida itu harus dua arah. Harus saling. Biar seimbang, keduanya tidak merasa berat sebelah. Pantas aja ada doa roditubillahi robba, wabil islamidina, wabimuhammadinnabiyya warasuula."

Nah, sejauh ini... sudahkah kamu maknai arti rida? Sudahkah kamu merasa rida dengan jalan hidupmu yang bagaikan benang kusut bila kamu memandangnya dari sisimu yang di bawah, tapi merupakan sulaman indah bagi Allah yang di atas arsy dan Maha Tinggi? Bila belum, mungkin kita perlu mengkaji lagi hati kita, keimanan kita yang compang-camping. Mengumpulkan serpihan hati yang terserak agar menjelma rida kita. Rida atas ketetapanNya.

Bagaimana? Mau kan belajar bersamaku?

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget