Pages

19 August, 2015

[Review buku] Yotsuba&! Vol.1-3

Judul: Yotsuba&! Volume 1-3
Penulis: Kiyohiko azuma
Penerbit: PT Elex media komputindo tahun 2007
ISBN: 978 979 27 1435 7

Komik ini merupakan komik serial yang menceritakan keseharian seorang anak perempuan berusia 5 tahun, bernama Yotsuba.

Di buku pertamanya, menceritakan tentang kepindahan Yotsuba ke kota baru. Lalu perkenalan dengan tetangga sebelah rumah yang baik hati. Ada Kak Asagi yang cantik, kak Fuuka yang sigap, dan Ena yang lembut. Juga ada Jumbo, yang bernama asli Takashi, teman ayah yotsuba yang bertubuh besar.  Keseharian yotsuba menjadi begitu menarik. Ia mengenal ayunan, eskalator, hingga AC. Takut pada balon pengusir burung. Sungguh, membuat saya tertawa lepas membaca tingkah dan mengenali karakter tokoh di komik ini. Sedikit yang menyentuh adalah saat part ayah yotsuba mengakui bahwa yotsuba adalah anak yang dipungutnya di luar negeri. Tapi juga membuat haru dan membuat saya belajar dari karakter yotsuba, persis seperti kata ayahnya, "Tenang saja, anak itu menikmati segala sesuatu. Yotsuba itu tak terkalahkan."

Di buku keduanya, Yotsuba berkenalan dengan Miura. Miura adalah teman sekolah Ena yang berwatak jujur, blak-blakan, perkataannya kadang menyakitkan tapi sebenarnya baik. Lalu ada kisah yotsuba yang terpengaruh film televisi dan berupaya membalas dendam dengan pistol air. Pengalaman menggambar bersama, membeli kue, istilah baru donmai, menangkap kodok, dan menerima oleh-oleh. Juga ada jalan-jalan ke kolam renang. Ternyata, yotsuba pandai berenang loh! Tidak seperti ayah, jumbo dan fuuka. Oh ya, jumbo sudah menunjukkan ketertarikannya pada kak asagi, tapi dia malu mengakui dan selalu memanfaatkan yotsuba untuk mengajak kencan asagi. Dan selalu gagal. Hahaha...

Di buku ketiga, yotsuba berkenalan dengan torako, teman kuliah asagi yang sering mengantar jemput asagi dengan mobilnya. Lalu yotsuba dan fuuka mengetahui sebuah fakta baru, bahwa jumbo adalah tukang bunga. Ia bekerja di toko ayahnya, dan mereka pun berkenalan dengan ayah jumbo yang badannya tidak sebesar jumbo. Ayah jumbo begitu baik, memberikan yotsuba banyak bunga gratis, terutama bunga matahari kesukaan yotsuba. Sesampainya di rumah, rumah yotsuba bagaikan surga, sebab banyak sekali bunga. Lalu oleh ayahnya, yotsuba disulap menjadi malaikat bunga, yang bertugas membagikan bunga ke orang lain. Yotsuba senang mendapat tugas itu. Setelahnya, yotsuba diajak jalan-jalan ke kebun binatang bersama ayah, lalu puas bermain di pesta kembang api bersama ayah, jumbo, ena, dan miura.

Saya suka sama karakter yotsuba. Ia begitu positif, optimis, selalu ceria, dan menyenangkan. Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget