Pages

16 August, 2015

[Review buku] Cinta yang hilang

Judul: Cinta yang hilang
Penulis: O. Henry
Penerbit: Serambi ilmu semesta
Dimensi:118 hlm, cetakan I Februari 2011
ISBN: 978 979 024 241 8

Buku ini memuat tujuh cerita pendek terbaik O. Henry. Semuanya berlatar New York abad kedua puluh dan bertemakan kisah cinta. Bagi saya, cerpen dalam buku ini begitu lucu, meski satire dan selalu memberikan ending yang mengejutkan. Twist yang tak tertebak. Kadang membuat saya tersenyum ironis, menanggapi endingnya. Tema keseharian namun diracik dengan detail yang begitu deskriptif membuat cerita ini tidak membosankan. Bahkan saya teringat film series Alfred Hitchkock di Fox Crime, persis seperti itu ceritanya. Hitam, putih, terlihat biasa, datar, namun saat di ending mencengangkan!

Saya suka semua ceritanya. Terharu pada kisah yang berjudul 'Hadiah kejutan' dan 'Demi Cinta' yang menceritakan pengorbanan sepasang kekasih yang saling mencintai. Tersenyum sedih pada kisah yang berjudul 'Cinta yang hilang' dan 'Kenyataan adalah sandiwara' yang menceritakan kesetiaan salah satu pihak yang mencintai. Lalu terbahak membaca kisah 'Bukti Cerita', 'Semata-mata bisnis' dan 'Perempuan dan suap menyuap' yang menceritakan kekonyolan dan semacam senjata makan tuan.

Agak bingung juga, karena membaca riwayat penulisnya yang asli Amerika Serikat, tapi tulisannya terasa lebih Prancis. Juga ada kesan religi tentang Islam, seperti di halaman 24 yang berbicara tentang Raja Sulaiman dan Ratu Sheba, serta di halaman 93 tentang buku-buku Islam. Apakah penulisnya seperti Leo Tolstoy yang--katanya--beragama Islam? Haha.. ini hanya praduga saya.

Secara cover, jujur saya kurang suka. Amat sangat terkesan jadul dan murahan. Tapi, isinya memang bagus.

Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget