Pages

14 August, 2015

[Review buku] Pindah

Judul: Pindah
Penulis: Falafu, Iyut SF, dkk.
Penerbit: Mediakita
Dimensi: vi + 198 hlm, 13 x 19 cm, cetakan pertama 2013
ISBN: 978 979 794 437 7

"Ada indah di setiap pindah."

Sebelas cerita pendek dari delapan penulis. Salah satu penulisnya adalah founder komunitas Love Books A Lot Indonesia yang saya ikuti, dan cukup saya kenal baik, kak Iyut. Salah satunya lagi adalah penulis yang amat saya sukai blognya, kak Farah atau biasa dikenal falafu. Dengan tema pindah, 8 penulis merangkai kisahnya masing-masing. Hampir semuanya berkisah tentang perpindahan hati, perpindahan rasa yang keliru atau sering kita kenal dengan move on. Dua cerpen yang cukup saya suka berjudul awan karya falafu dan pindah karya raditya nugie. Selebihnya menurut saya biasa saja. Hanya yang begitu terasa saat membaca cerpen dalam buku ini, semua penulis memiliki gaya bahasa yang puitis. Kadang saya merasa seperti membaca petikan sajak, bukan cerpen.

Secara kemasan, idenya cukup menarik. Dengan cover bersayap, yang bisa dibuka tutup persis seperti kardus coklat yang biasa digunakan saat pindah. Satu hal lagi yang membuat saya jatuh cinta adalah pembatas bukunya. Dibuat jaring-jaring kubus, dan bisa dibentuk menjadi kubus yang benar-benar seperti miniatur kardus. Benar-benar strategi pemasaran yang baik.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Paulo Coelho bilang, tidak ada hal yang betul-betul salah, bahkan jam rusak pun benar dua kali dalam sehari." (Hlm. 8)

"Karena dalam hidup ini, manusia selalu butuh kepindahan. Pindah dari hal-hal yang salah, pindah dari perasaan-perasaan yang keliru. Namun, untuk melakukannya diperlukan keteguhan, dan manusia terlalu tidak sabaran menjalaninya; terlalu tidak berani memilihnya." (Hlm. 27)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget