Pages

19 August, 2015

[Review buku] Yotsuba&! Vol. 5-7

Judul: Yotsuba&! Volume 5-7
Penulis: Kiyohiko azuma
Penerbit: PT Elex media komputindo tahun 2008
ISBN: 978 979 27 2083 9

Di buku kelima, ada 7 petualangan yotsuba yang sayang untuk dilewatkan. Yotsuba bermain dengan kardo, yang sesungguhnya adalah miura yang memakai kardus daur ulang dan berpura-pura menjadi robot. Lalu petualangan yotsuba dalam membantu ibu di rumah ayase. Berkenalan dengan Yanda, adik kelas ayah yang menyebalkan bagi Yotsuba. Lalu petualangan melihat rasi bintang bersama ayah, jumbo, fuuka, ena, dan miura di taman alami. Akhirnya yotsuba memiliki jas hujan, dibelikan oleh ayah. Kemudian menghabiskan waktu libur ke laut, melihat ubur-ubur, mencari kerang, membangun istana pasir dan menunggangi ombak.

Di buku keenam, Yotsuba belajar daur ulang bersama ena. Lalu Yotsuba punya sepeda baru, dibelikan sama ayah. Yotsuba berlatih sampai bisa dengan ayah. Hingga ia dibolehkan ikut Asagi dan Torako ke tukang fotocopy, difoto di atas sepeda oleh Torako sampai jatuh berguling-guling--tapi tidak menangis--sampai mengantarkan susu ke sekolah fuuka, meski Yotsuba belum punya SIM! Jadi Yotsuba kena hukuman "Dalam Masa Disiplin" dari ayah. Tapi tak lama, hukuman itu dicabut oleh ayah karena Yotsuba banyak membantu ayah dan jumbo membuat rak buku.

Di buku ketujuh, Yotsuba membuat telepon benang bersama Ena, sehingga bisa berbicara dari rumah ke rumah. Tak lupa mengucapkan selamat hari lansia pada nenek melalui telepon. Yotsuba juga terkena demam, sehingga batal jalan-jalan ke peternakan. Esoknya, yotsuba belajar membuat kue bersama fuuka dan kaka salah--temannya fuuka. Yotsuba juga mencoba pengalaman kali pertama menjadi suruhan ayah, belanja ke toko sendirian. Hari kamis, ayah menepati janjinya mengajak Yotsuba ke peternakan melihat sapi. Ramai-ramai, bersama jumbo dan juga Yanda yang tiba-tiba cuti demi jalan-jalan, mereka belajar memerah susu sapi. Tentu saja, selalu ada pertengkaran antara Yotsuba dan Yanda. Tapi, semua itu tetap menyenangkan bagi Yotsuba.

Aah.. saya makin penasaran dengan kisah hidup Yotsuba sebenarnya. Anak siapakah dia? Lalu saya makin jatuh hati dengan karakter ayah yotsuba yang begitu penyayang. Saya apresiasi 5 dari 5 bintang.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget