Pages

08 August, 2015

[Review buku] Ragam tips dan amalan agar istri disenangi dan dihargai suami

Judul: Ragam tips dan amalan agar istri disenangi dan dihargai suami
Penulis: Atiqah Hamid
Penerbit: Diva Press
Dimensi: 208 hlm, 14 x 20 cm, cetakan pertama Mei 2015
ISBN: 978 602 255 882 8

Istri saleha adalah yang tidak hanya bisa membahagiakan suami, tetapi juga menenteramkan bagi keluarganya. Tidak hanya kaum Adam yang merindukan istri saleha, tetapi kaum wanita pun bercita-cita menjadi istri saleha. Lantas, apa saja kriteria istri saleha yang disenangi suami? Bagaimana agar kita menjadi istri yang dihargai suami, tanpa menghilangkan sisi kemanusiaan seorang istri?

Buku ini mencoba menjawab pertanyaan tersebut dengan membaginya ke dalam 6 bab.

Bab 1 berjudul keharmonisan dalam rumah tangga. Berisi 5 tips yaitu mengenal karakter masing-masing, saling menghormati dan menghargai, sabar dan ikhlas dalam segala hal, membangun rumah tangga dengan dasar agama, serta pemahaman bahwa istri adalah penentu keharmonisan rumah tangga.

Bab 2 berjudul menjadi istri idaman bagi suami. Berisi 3 hal yaitu tentang peran istri sebagai perhiasan suami, partner kerja, dan partner spiritual.

Bab 3 berjudul amalan-amalan agar disenangi suami. Berisi 2 hal, yaitu amalan-amalan berupa ibadah seperti: menghiasi rumah dengan al quran, selalu berzikir, mengajak suami berjamaah, selalu mendoakan suami, dan bersedekah, lalu amalan berupa fi'liyah (perbuatan) seperti: berbakti pada suami, menyambut suami dengan wajah berseri-seri, berhias bagi suami, meredam kemarahan suami, bertutur kata lembut, menjaga kehormatan dan harta suami, ikhlas dan sabar, membuat suami betah di rumah, mendukung suami, mengelola harta suami, menjaga silahturrahim, suka mengatakan 'maaf, tolong, dan terima kasih', menceritakan sesuatu yang menyenangkan, melakukan hubungan intim (seks), mengendalikan rasa cemburu, dan setia.

Bab 4 berjudul permasalahan dalam kehidupan rumah tangga. Berisi 10 permasalahan umum dalam rumah tangga meliputi bertengkar tanpa alasan, masalah ekonomi, orang ketiga, campur tangan keluarga, kehadiran seorang anak, masalah syahwat, rasa bosan, lebih banyak mengkritik daripada memuji, mengungkit-ungkit kesalahan masa lalu, dan mengeluarkan kata-kata kasar.

Bab 5 berjudul nasihat guna meraih sukses dan kebahagiaan rumah tangga. Berisi 5 hal meliputi semua kegiatan mengarah kepada yang baik dan membahagiakan, menjaga kepribadian laki-laki dan perempuan, jangan ragu-ragu dengan pasangan, menyiapkan diri melakukan berbagai peran, dan memperlihatkan rasa bangga dan cinta.

Terakhir di bab penutup, diingatkan kembali 3 ciri istri saleha, yakni melegakan hati suami bila dipandang, amanah, dan mampu memberi kebahagiaan.

Secara keseluruhan isi, menurut saya begitu biasa dan sudah banyak diketahui. Gaya bahasanya meski ringan, tapi kurang saya sukai karena kaku dan terkesan copy paste (banyak mengutip perkataan atau blog orang lain, ditandai dengan banyaknya catatan kaki). Pada halaman 60 ada typo nama yang menurut saya cukup fatal, yakni nama istri firaun dikatakan adalah aisyah, padahal seharusnya asiyah. Lalu halaman 67-68 nya tidak ada, malah halaman 65-66 tercetak dua kali. Juga di halaman 77-78, malah halaman 79-80 tercetak dua kali.

Saya mengapresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget