Pages

21 August, 2015

Bersyukur

"Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri, dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha kaya lagi Maha terpuji." (Q. S. Luqman [31]: 12)

Satu...satu... cintai anak yatim
Dua...dua... sayangi duafa
Tiga...tiga... bantulah sesama
Buat mereka tersenyum

Lagi... lagi... saya tanyakan, yakin buat mereka tersenyum? Bukannya kamu sedang mencoba membuat dirimu sendiri yang tersenyum? Hehe... senyum itu menular, loh! Kamu yang lagi sekesal, sesedih, sekecewa apa pun, kalau disenyumin orang, pasti senyum lagi kan. Efek mirroring (cermin) terhadap perilaku orang di sekitar kita. Gak percaya? Coba saja, kamu mengobrol sama temanmu berhadapan. Lalu temanmu tanpa sadar mengusap ujung matanya di tengah pembicaraan, pasti kamu tanpa sadar akan mengikutinya. Mengusap ujung mata kamu juga, khawatir ada belek.

Balik lagi, sesungguhnya dengan membantu orang lain, kamu itu sedang membantu dirimu sendiri. Membahagiakan, memuliakan orangtua, pasangan, anak, dan sekitar, bukankah sesungguhnya malah membahagiakan dan memuliakan dirimu sendiri? Contohnya, kamu mengurus ibumu yang sedang sakit dengan rida dan santun. Orang lain melihatmu sebagai anak yang baik dan mulia. Kamu berterimakasih pada pasangan dengan memberinya bunga sebagai hadiah. Orang lain akan melihat kamu begitu romantis, bahagia, dan mulia. Bukankah sesuai dengan firmanNya di atas. Bahwa segala bentuk kesyukuran kita, akan berpulang kembali pada diri kita. Dan bila kita tidak bersyukur, Allah juga gak rugi. Gak peduli juga.

Memang mulia memberikan senyum pada orang lain. Sebab senyum adalah sedekah paling mudah dan murah. Akan tetapi, lebih mulia bila kita yang membuat mereka tersenyum. Ada hal yang kita upayakan. Upaya itu... bila kita sadari, adalah upaya untuk diri kita sendiri. Syukur, dalam bentuk berbagi sekali pun... tak akan mengurangi. Sungguh, ia akan menambah hal-hal yang hakiki. Hal-hal yang jauh lebih bernilai dari uang.

Jadi, sudah sejauh mana syukurmu hari ini? Yuk ucap alhamdulillaaahh ala kulli hal...

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik