Pages

10 January, 2014

My Resolution in 2014

Jujur saja, selama hidup saya, belum pernah saya membuat resolusi. Apa pula pengertian resolusi? Karena penasaran, maka saya searching beberapa pengertian tentang resolusi. Intinya sih, resolusi itu sebuah penetapan target yang diniatkan pencapaiannya. Butuh usaha keras dan kekonsistenan untuk mewujudkannya. Mungkin ini beberapa hal yang sangat saya ingin capai tahun 2014 ini:

Pertama, Menikah. Agak ragu saya menempatkan resolusi ini sebagai prioritas pertama. Tapi saya sadar, sebentar lagi usia saya akan menjelang seperempat abad. Walau ego saya masih begitu besar, tapi keinginan saya untuk menjadi wanita sepenuhnya—menjadi (insyaa allah) seorang istri dan ibu—lebih besar lagi. Saya pun semakin menyadari, bahwa ada batas kesehatan bagi wanita untuk memiliki keturunan. Mungkin saya akan melakukan ekstra effort untuk hal ini. Semakin mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, mengurangi interaksi yang kurang berguna dengan lawan jenis, kecuali memang urgent dan perlu. Agar jodoh saya semakin didekatkan dan diperlihatkan oleh Tuhan. Tuhan percaya bahwa saya sudah siap untuk itu.

Kedua, Berqurban. Tahun lalu saya berhasil mencapainya. Menilik kebutuhan dan beragam pengeluaran saya di tahun ini, kemungkinan untuk berqurban seekor sapi sepertinya masih harus diurungkan. Tapi saya akan berusaha, setidaknya seekor kambing akan saya qurbankan kembali. Semoga Tuhan memperkenankan.

Ketiga, Menerbitkan buku. Ini adalah impian saya sejak lama. Prinsip setidaknya menerbitkan sebuah buku sebelum meninggalkan dunia yang fana ini sangat ingin saya wujudkan. Sudah dirilis sejak akhir tahun 2013 kemarin, semoga lancar. Insyaa allah akan hadir buku kumpulan cerita pendek bersama lima belas penulis lainnya yang berjudul “Potret Rasa”. Semoga buku pertama yang dicetak melalui penerbit ini—karena saya sudah memiliki dua buah buku yang saya jilid sendiri, tanpa melalui penerbit. Hanya sekadar mengumpulkan tulisan saya yang terserak. Semacam portofolio tulisan saya selama ini—menjadikan motivasi menulis saya semakin tinggi.

Keempat, Memperbaiki penguasaan bahasa asing. Seiring jalan, saya mulai menerapkan berbincang menggunakan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Walau secara grammar mungkin masih banyak salah dan kosakata saya masih sangat kurang. Tapi kepada beberapa teman, saya berkomunikasi via media sosial dan aplikasi messenger dengan bahasa asing tersebut. Saya hanya meyakini bahwa “Practice makes perfect”.

Mungkin inilah resolusi saya yang terpenting di tahun 2014. Pencapaian kecil lainnya, yang tidak begitu prioritas meliputi jalan-jalan keliling Indonesia, naik gunung, naik pesawat ke luar negeri kembali dan melihat serta memegang hewan-hewan yang unik seperti panda, kuda laut, bintang laut dan lainnya akan saya capai seiring jalan.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget