Pages

14 June, 2017

[Review buku] Mr. Justice Raffles

Judul: Mr. Justice Raffles
Penulis: E. W. Hornung
Penerbit: Visimedia
Dimensi: x + 422 hlm, 13 x 20 cm, cetakan pertama maret 2013
ISBN: 979 065 173 2

Raffles, siang hari merupakan pemain kriket handal namun menjelma pencuri legendaris dari Inggris pada malam hari. Dalam buku ini, Raffles berhadapan dengan rentenir licik bernama Dan Levy yang menjerat juniornya.

Raffles tidak menyangka bahwa permainan yang dia anggap kecil ini ternyata hampir merenggut nyawanya dan menjebak dirinya serta kawan setianya, Bunny Manders.

Membaca novel ini, seakan membaca Sherlock Holmes versi lain. Dari pemilihan tokoh dan sahabatnya, hingga kisah cinta terpendam seorang lady pada Raffles. Ternyata semua ini disebabkan penulis novel ini adalah saudara ipar Doyle (penulis Sherlock Holmes) dan saat menulis seri Raffles, penulisnya sedang tinggal bersama Doyle. Sepertinya memang agak terwarnai.

Namun tetap saja, gaya bahasa dan twistnya masih kerenan Sherlock Holmes hoho. Jujur saja, novel ini kurang asyik, entah karena terjemahannya atau memang cerita aslinya yang kurang detektif gitu. Deduksi dan konklusinya terasa kurang dalam dan deskripsinya kurang mengena.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

"Orang yang cedera janji pantas membayar sebanyak-banyaknya." (H.71)

"biarkan masalah tidur dan tidurkan masalah!" (H.289)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik