Pages

03 June, 2017

#Day9 Proses

#Day9 PROSES

Masih ingat gak, dulu saat pertama puasa bagaimana rasanya? Dari setengah hari, sampai sehari penuh.

Kalau aku dulu, pernah diam-diam minum di kolong meja. Soalnya belum paham kalau Allah Maha Melihat. Pernah juga puasa ala beruang kutub, hibernasi. Tiduuur aja. Cuma bangun pas shalat. Pernah juga puasa ala ikan, dikit-dikit mandi.

Perlahan mencari pengalih perhatian dengan main. Main masak-masakan, kartu, bola bekel, dan monopoli. Makin dewasa, ambil paket 10 jam di warnet, main ayodance dan game online lain. Punya HP diisi game semua. Boro-boro disuruh baca Al Qur'an. Lemaaas mbakbro!

Seiring waktu, pemahaman akan agama mulai bertambah, maka kualitas puasanya sudah mulai berbeda. Sudah sadar sendiri, mengurangi games dan mencoba melakukan yang lebih bermanfaat. Semua itu berproses.

Ngaji terus dari kecil, dinasihati terus dari kecil, tapi gak pernah dipaksa dan diomelin. Cuma kadang gak enak hati melihat teladan guru dan orangtua, jadilah ikut-ikutan meski hati kurang ikhlas, soalnya pengin main terus.

Nah, kalau kamu bagaimana? Sudah ingat proses dulu kamu berpuasa hingga hari ini?

Semoga dengan mengingat kembali dan refleksi, kamu tidak serta merta mudah menjudge orang lain yang baru mulai dan belajar puasa di usia yang sama denganmu itu buruk. Bisa jadi usia kita sama, tapi pemahaman agama kita berbeda. Mereka baru saja memulai langkah perbaikan diri, sementara kita sudah di depan. Jadilah teladan dan kawan, bukan memberikan cercaan.

Pun terhadap anak, ponakan, dan adik kita... cobalah temani mereka main sembari menyisip dan menyusupkan pemahaman agama. Jika mereka mengikuti meski sedikit perkataan kita, apresiasilah! Insya Allah... dengan kesabaran, kebenaran akan timbul dari hati yang jernih.

Yuk, jadi teladan baik!

Meta morfillah

#Nulisrandom2017

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik