Pages

05 June, 2017

#Day12 Nama

#Day12 NAMA

Di antara semua kata terindah di dunia ini, adalah nama kita sendiri yang begitu bermakna. Terlebih bila saat diucapkan dengan nada lembut dalam doa kebaikan untuk diri kita. Seperti dalam doa orangtua kita, yang tak pernah kita minta namun selalu tak luput disebut.

Adalah nama kita sendiri... mengandung banyak doa dan harapan kebaikan agar kita menjelma sosok yang diharapkan menyifatinya. Misal Idris, diharapkan perilakunya sebagaimana nabi Idris a.s. lalu Sri diharapkan bijak sebagaimana ratu. Pun nama dengan kata sifat yang gamblang seperti Jelita, Sabar, dll.

Bahkan ilmu yang pertama diajarkan Allah pada nabi Adam a.s. adalah berua nama-nama. "Hadzihis syajaroh... Ini adalah pohon." Mengenalkan definisi hingga epistemologi suatu kata diawali dengan nama. Tak kenal maka ta'aruf. Tahu dulu namanya.

Hingga saat kita meninggalkan dunia ini pun, hanya akan menyisakan nama. Apakah nanti akan mengingatkan kebaikan atau keburukan saat nama kita diucap? Apakah akan mengundang "Innalillah" disertai kepedihan sebab kehilangan ataukah "Alhamdulillah" disertai sorak sorai saat kita meninggal?

Maka... jaga baik-baik nama kita dengan menjaga iman, akhlak, dan adab kita. Sebab hanya itu yang kita miliki di dunia ini.

Semoga nama "Meta" menjadi nama yang dirindukan surga dan dikenang kebaikannya, diampuni kesalahan dan kesilapannya. Aamiiin.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik