Pages

14 June, 2017

#Day20 Yang pasti

#Day20 YANG PASTI

pasti datangkah semua yang ditunggu
detik-detik berjajar pada mistar yang panjang
barangkali tanpa salam terlebih dahulu

januari mengeras di tembok itu juga
lalu desember…
musim pun masak sebelum menyala cakrawala
tiba-tiba kita bergegas pada jemputan itu

(Puisi "Buat Ning" - Sapardi Djoko Damono)

Tadi pagi mendengar kabar seniorku yang telah mendahului pergi. Sempat mengenal dekat karena aku menggantikan posisinya di sebuah perusahaan. Saat itu pula aku tahu bahwa ia tengah berjuang melawan kanker. Tiga tahun berselang dan kanker telah memenangkan pertempuran itu.

Terbayang seniorku yang lain, pendampingnya, bagaimana ia sabar menemani hingga akhir hayat. Adakah kecewa hinggap di hatinya? Aku tak tahu.

Kubaca pula ada yang meninggal saat shalat isya berjamaah dalam posisi sujud. Aah... yang pasti telah datang. Dan kita tak pernah tahu kapan kepastian itu akan menjemput kita. Sejatinya kita hanya menunggu.

Sementara perbedaan cerdas adalah kesadaran kita. Apakah kita tengah menunggunya dalam kesadaran dengan memperbanyak bekal dan amal kebaikan, ataukah sibuk berleha-leha, menyusahkan sesama dan mencari pembenaran untuk segala khilaf kita. Astaghfirullah...

Seberapa yakinkah kita, bahwa kita telah siap meninggalkan dunia? Hingga kita terbahak seakan hidup selamanya. Sementar mereka yang tahu indahnya hidup, banyak menangis... sebab tahu siksa abadi kelak.

Semoga Allah mengampuni dan menerima semua jiwa yang kembali dalam tenang. Pun kita, semoga tetap istiqomah dalam agamaNya sehingga saat kematian menjemput, kita siap.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik