Pages

18 June, 2017

Masjid favorit untuk i'tikaf

MASJID FAVORIT UNTUK I'TIKAF

"Met, tempat recommended buat i'tikaf di mana aja?"

Kalau kamu kuat berdiri lama, the first is Masjid BI. Itu seenak-enak tempat, fasilitas lengkap, bisa mandi dan pengurusnya ramah. Tapi bacaan imamnya panjang. Sampai aku pernah qiyamul lail, di rakaat kedua ga berdiri, tapi duduk karena darah rendahku kumat. Pandangan menggelap dan ujung kuku dingin rasa mau pingsan. Akhirnya aku lanjut qiyam dan witir sendiri hehe.

Kalau kamu suka keramaian dan spektakuler, ke Masjid Istiqlal. Luas banget dan banyak jamaahnya. Kalau aku sih lebih suka tempat yang privasi, ga terlalu ramai tapi juga ga terlalu sepi. Soalnya kan i'tikaf itu saatnya bersepi-sepi, bermesra sama Allah. Matikan gadget, kurangi ngobrol sama teman, enaknya memang sendirian hoho.

Kalau kamu sukanya yang ringan, ke Masjid UI. Bacaan imamnya gak panjang,  cuma saran bawa jaket atau sajadah untuk tidur. Soalnya gak semua wilayah ada karpet, khawatir masuk angin. Toiletnya ga bisa dipakai mandi, soalnya ga sebanyak BI dan Istiqlal.

Nah, kalau kamu sukanya sedang-sedang saja kayak aku, ke Masjid Bimantara. Adanya di dalam MNC Center. Masjid komplek perkantoran, di atas, jamaahnya ga terlalu ramai, pengurusnya ramah, bisa pesan makanan sahur, tapi sayang ga bisa mandi. Toilet wanitanya cuma 2, dan memang paling kecil di antara 3 masjid yang kusebut sebelumnya. Meski begitu ini tempat favorit aku, soalnya desainnya juga aku suka. Letaknya yang menyendiri di tengah, namun harus menaiki tangga tinggi, seakan berfilosofi bahwa mendekat pada Allah itu butuh perjuangan, dan dia Maha Tinggi.

Kalau diperhatikan semua masjid yang kusebut dekat dengan stasiun kereta api, haha. Soalnya transportasi yang paling kusuka karena nyaman dan murah adalah kereta api. Dan selalu banyak inspirasi yang kudapat dari kereta api dan stasiun. It's so romantic!

Sebenarnya pengin banget ke Masjid Az zikra yang dekat dengan rumah. Sayang rutenya itu gelap dan sepi, kalau sendiri naik motor mengkhawatirkan. Semoga tercapai yaa, ada yang bisa nemenin ke sana dan waktunya masih tersedia untuk i'tikaf. Aaamiiin...

Nah, kalau masjid favoritmu untuk i'tikaf di mana?

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik