Pages

04 June, 2017

#Day10 Niat

#Day10 NIAT

Tadi seorang kawan mengabarkan berita gembiranya bahwa di tanggal cantik 07072017 nanti ia akan menikah. Terus dia cerita perihal calon suaminya yang ternyata orang yang begitu dekat dengannya. Satu lingkaran komunitas.

Teman saya bilang, calonnya ini sudah istikharah dengan namanya dari awal tahun. Tapi dia mantap setelah mendengar dua kali ceplosan teman saya.

Pertama saat dia bicara dengan teman dekatnya:
"Masak mamaku nelepon nyuruh balik ke kampung, katanya mau disuruh nikah. Akad habis lebaran, resepsi tahun depan. Lah, calonnya aja belum ada! Haha..."

Ternyata calon suaminya mendengar  dan apa yang dikatakan mama teman saya persis dengan nasihat ibu sang calon suami. Menikah sehabis lebaran dan resepsi tahun depan.

Kedua saat dia bicara langsung pada calon suami karena merasa teman biasa saja:
"Kak, masak tadi malam aku mimpi terbang. Terus ada kakak gitu, tapi gak ada yang lain. Hahaha."

Ternyata calon suaminya merasa itu sebagai kode jawaban istikharahnya. Setelah itu langsung dia follow up ke ayah teman saya di kampung tanpa sepengetahuan teman saya.

Well, semua tadi langsung menasihati saya agar menjaga lisan saya. Soalnya setelah teman saya itu, sayalah yang suka 'sembarang kode' dan menganggap semua ikhwan aman sebagai teman. Jadi saya diingatkan lagi tentang niat. Jangan sampai niat saya bercanda, eh ada yang seriusin. Nanti malah takut sayanya. Hihii... padahal kalau saya sih insya allah, sudah siap asal sesuai syariat.

Yah, niat...
Adalah dasar seluruh amalan kita, begitu penting namun juga begitu bening hingga tak mudah terlihat. Saking transparannya niat, bahkan kadang kita bisa dengan mudah tertipu niat kita sendiri. Misal niat puasa bukannya untuk Allah, tapi sekadar gugurin kewajiban atau bahkan biar terlihat shalih depan orang. Astaghfirullah!

Juga segala niat kita saat berlomba dalam kebaikan, bisa jadi awalnya lillah, di tengah jalan menjadi ajang pamer di medsos. Astaghfirullah!

Ya muqollibal quluub, tsabbit qalbi ala diinik wa 'ala tho'atiq... Jagalah dan senantiasa luruskan niat kami. Aamiin

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik