Pages

08 June, 2017

#Day15 Pemimpin

#Day15 PEMIMPIN

Kalau sekadar mengatur berdasarkan aturan, saya rasa semua orang mampu. Sebab hanya ada dua frasa: salah-benar. Sayangnya, seringkali kebenaran tidak akan sampai kalau tidak dibungkus akhlak yang meliputi: baik-buruk.

Menjadi pemimpin, adalah upaya memenangkan hati agar kebenaran meresap ke sanubari jamaah manusia yang dipimpinnya, tentu dengan akhlak yang baik. Dan itu berat. Maka wajar, ganjaran pemimpin yang adil adalah surga, dan ia menjadi yang pertama dijanjikan oleh Allah.

Bagi saya, menjadi pemimpin itu amanah luar biasa berat. Bahkan hal yang kadang menurut saya kecil, bisa dianggap besar dan memicu konflik berkepanjangan. Meski di bulan baik, untuk tujuan baik. Misal dalam hal bukber anak yatim di beragam komunitas, perbedaan font size dalam desain bisa memicu perdebatan, perbedaan pilihan menu makanan bisa meruncingkan konflik, dan masalah izin siapa yang berkuasa di daerah tersebut bisa memantik ego.

Kalau saya pemimpinnya, saya babat habis. Semua itu tidak terlalu esensial bagi saya. Sebab yang utama adalah melayani anak yatim, berlomba berbuat baik, dan meluruhkan ego sebagai panitia. Tapi, tentu saja itu bukan akhlak yang baik. Banyak yang tak sepndapat dengan saya. Banyak pula kebaikan terhenti sebab birokrasi yang sulit, lelah menjadi tidak lillah karena tidak menang berdebat.

Maka, saya tak pernah memimpikan menjadi pemimpin puncak. Sebab saya tahu, itu terlalu berat. Mendengarkan banyak hati, memenangkan dan menenangkan meski tak memuaskan semua pihak. Aah... teladan Rasulullah SAW sungguh sempurna.

Kesadaran itu, membuat saya paham saya haruslah menjadi great follower agar membantu mewujudkan great leader di mana pun saya berada. Sebab kesuksesan pemimpin pun bergantung pada jamaahnya. Sami'na wa atho'na, meski berat, meski hati mengingkari, sebab kadang ada hal besar yang dilihat oleh pemimpin kita saat kita masih tertutup mata akannya.

Tapi hei, kadang menyebalkan ketika saya mempraktikkan menjadi great follower, pada akhirnya tetap dipilih menjadi leader. Sebab great follower = great leader! Oalah mantan bos, apa yang kaukatakan kadang benar. Dan saya tak suka! Haha...

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget