Pages

04 October, 2015

Pujian yang paling kusuka

Pujian yang paling aku suka!

Sebab mama adalah idolaku. Beberapa hal tentang mama yang menjadi dasar kekaguman tha:

1. Mama adalah anak perempuan tertua (secara urutan lahir, anak kedua) dari 12 bersaudara. Beliau satu-satunya yang memiliki pendidikan serta pekerjaan yang cukup mapan dibanding saudaranya. Namun beliau menyadari bahwa rezekinya itu adalah rezeki saudaranya yang dititipkan melalui dia. Jadi, mama selalu memerhatikan kebutuhan saudaranya, terlebih semenjak muda mama sudah kehilangan ibu.

2. Mama adalah wanita karir yang mengabdi sebagai perawat gigi hingga pensiun, namun juga ibu rumah tangga yang hebat. Hanya beberapa kali mama memakai jasa khadimat, selebihnya beliau yang mengurus detil keperluan keluarga. Dari kecil sampai aku dewasa, aku tak pernah merasa kehilangan sosok mama, meski pun kadang mama sampai lembur bawa kerjaan kantor ke rumah. Tapi, tiap kali ada yang membutuhkannya, beliau selalu sigap.

3. Mama adalah wanita tangguh yang mampu mencetak anaknya menjadi sarjana, meski harus sendirian. Sebab bapak meninggal di tahun 2001. Sedikit pun beliau tidak mengeluh (kecuali dalam salatnya) dan pantang meminta-minta. Bila kami sudah tidak punya apa-apa untuk dimakan, ada saja ide kreatif mama untuk memanfaatkan bahan yang ada. TANPA RESEP! Dan selalu enak. Rasanya mama terlalu sempurna dan merupakan tantangan besar buatku. Keahlian memasaknya, menjahitnya, pertukangannya, perkebunannya, dan masih banyak lainnya, belum dapat kutandingi.

4. Mama tidak mendapatkan dasar agama dan pendidikan yang cukup baik. Namun beliau sadar bahwa anaknya harus dididik dengan baik. Sedari kecil, mama selalu memenuhi kebutuhan pendidikan dan agama kami. Hingga permintaannya untuk berprestasi pun menjadi hal yang wajar menurutku.

5. Mama menerima kenyataan memiliki anak disabilitas (udaku) dengan ridha. Meski kadang, tercetus keinginan mama agar uda bisa normal dan berbicara, tapi mama tak pernah menyesal. Dari aku kecil, mama memperlakukan kakak, uda, dan aku dengan sama. Tidak ada keistimewaan, sehingga kami terbiasa dengan keadaan uda.

6. Banyak petuah bijak mama yang disampaikan saat ngobrol menikmati hari atau menjelang tidur (pillow talk). Kebawelannya adalah hal yang paling tha rindukan saat berjauhan dengannya. Tentu saja, mama tidak kaku seperti orangtua umumnya. Mama adalah my best partner, dan hampir semua rahasia tha, mama tahu!

Ah... banyak sebenarnya yang masih tha kagumi. Tapi, nanti jatuhnya jadi curhat. Bersyukur punya mama hebat! Idola di depan mata, yang kesehariannya bisa diamati.

Memang, Ma... aku tak bisa memilih ingin lahir dari rahim siapa. Tapi, dari rahimmu, Ma... rasanya aku tak perlu meminta apa-apa. (F. P. )

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget