Pages

04 October, 2015

[Mentoring] Masa depan di tangan islam

MASA DEPAN DI TANGAN ISLAM

Minggu, 4 Oktober 2015
Bu Efi

Kita harus yakin bahwa masa depam ada di tangan islam. Sikap optimis itu berdasarkan 5 hal berikut:

1. Islam adalah Jalan hidup/pedoman
Allah tidak akan mencelakakan hambaNya. Itulah mengapa Allah disebut rabb, sebab bermakna tiga hal yakni sebagai pencipta, pemelihara, dan raja.

"Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam..." (Q. S. 3 [Ali Imran]: 19)

"Dan barang siapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima , dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi." (Q. S. 3 [Ali Imran]: 85)

Sebab kapasitas otak manusia diciptakan bukan untuk mengarang agama sendiri.

2. Islam adalah agama fitrah
Manusia tidak bisa lari dari fitrahnya. Bila ia menjauh dari Islam (fitrahnya), ia akan gelisah. Sekali pun Islam banyak dimusuhi dan ingin dimusnahkan, Islam akan tetap berdiri dan ada. Allah selalu memberikan pejuang untuk membela agama ini hingga hari akhir.

3. Islam adalah agama kemanusiaan
Islam sangat menghargai manusia. Setiap penindasan terhadap manusia, Islam membenci/memeranginya. Semua manusia dinilai sama dalam islam, tak ada yang diistimewakan kecuali dari ketakwaannya pada allah.

4. Islam adalah agama yang seimbang
Baik secara fisik dan ruhiyah. Hal ini pun terlihat dalam ibadah yang diperintahkan dalam Islam. Contohnya berhaji, ada aktivitas fisik seperti sai dan tawaf, namun juga ada dimensi ruhiyah, bahwa yang disembah bukanlah ka'bahnya, melainkan pencipta/zat yang menciptakan alam semesta ini. Tidak seperti agama lain, seperti seorang biarawati yang dilarang menikah. Islam sangat seimbang memikirkan fitrah dan kebutuhan manusiawi pengikutnya.

5. Adanya kabar gembira
Rasul pernah bersabda, "Berikanlah kabar gembira pada umatku mengenai kemenangan negerinya serta pertolongan dari allah." (H. R. Imam Ahmad)

"Musa berkaya kepada kaumnya, 'Mohonlah pertolongan kepada allah dan bersabarlah. Sesungguhnya bumi (ini) milik Allah; diwariskanNya pada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hambaNya. Dan kesudahan (yang baik) adalah bagi orang-orang yang bertakwa." (Q. S. 7 [Al A'raf]: 128)

"Ya Tuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya. Sungguh, Allah tidak menyalahi janji." (Q. S. 3 [Ali imran]: 9)

*catatan sepemahaman penulis

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget