Pages

18 May, 2015

[Review buku] Man Shabara Zhafira

Judul: Man Shabara Zhafira
Penulis: Ahmad Rifa'i Rif'an
Penerbit: PT. Elex Media Komputindo
Dimensi: xxiv + 283 hlm, cetakan I 2011
ISBN: 978 602 00 1619 1

Menasihati orang lain untuk sabar, tentu sangat mudah ketimbang mengalaminya sendiri. Tapi, nasihat apalagi yang lebih bijak selain nasihat untuk bersabar? Kesabaran adalah modal dasar pemenang. Sebagaimana sub judul dalam buku ini "Success in life with persistence".

Buku ini terdiri dari 6 bab yaitu dream, action, beautiful life, love, pray and wisdom. Di bab 1, penulis menjabarkan bagaimana memetakan impian hingga rinci dan terukur, disesuaikan kemampuan, dan dituliskan. Lalu di bab 2, penulis menjabarkan tentang memulai aksi dengan berani mencoba, disiplin, dan memperbaiki penampilan. Di bab 3, penulis menjabarkan tentang kebahagiaan dan bagaimana menikmati hidup agar menjadi bahagia. Di bab 4, penulis menjabarkan tentang energi cinta kepada sesama, bahwa hidup jangan hanya sekadar sukses untuk diri dan keluarga sendiri. Di bab 5, penulis menjabarkan tentang konsep doa dan ibadah yang harus dilakukan seiring ikhtiar yang sudah maksimal. Di bab ini, ada 2 puisi yang diselipkan penulis. Terakhir, penulis menjabarkan tentang kebijakan menerima segala keadaan dan situasi hidup kita saat ini, baik itu kehilangan, kesulitan, hingga kematian.

Konsep buku ini dalam tiap sub babnya dimulai dengan cerita, lalu dikaitkan dengan judul dan diakhiri dengan kesimpulan. Beragam contoh cerita ada yang dari buku bacaan, internet, cerita islami, hingga pengalaman yang dialami penulis sendiri. Beberapa cerita ada yang sudah sering saya baca di internet dan buku sejenis yang saya baca terlebih dahulu, bahkan ada yang saya arsipkan di blog saya sebagai motivasi. Yaa.. isi buku sejenis ini (motivasi, pengembangan diri) entah mengapa sebagian besar sudah tertebak, hampir sama, namun tetap laku di pasaran. Mungkin karena memang banyak orang berupaya mencari penguatan untuk mencapai kebahagiaan hidupnya melalui kata-kata positif.

Secara keseluruhan, saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

Saya mengutip kutipan di halaman 64 buku ini, yang paling saya suka.

From book "Dare to try"

We were born to try,
Try to walk,
Try to talk,
Try to read,
Try to graduate from school,
Try to achieve great career,
Try to build a business,
Try to love someone,
Try to build a family,
Try to make a better life,
Try to survive.
We'll never stop trying, unless we have died.
All things that have happened to us are the result of our trial.

Meta morfillah

2 comments:

Text Widget