Pages

04 May, 2015

[Review buku] Hitler bangkit lagi

Judul: Hitler bangkit lagi
Penulis: Timur vermes
Penerbit: Pustaka Alvabet
Dimensi: 444 hlm, 13 x 20 cm, cetakan I Juli 2014
ISBN: 978 602 9193 49 7

Adolf Hitler tiba-tiba hidup lagi! Ia terdampar di sebidang tanah kosong Berlin pada musim panas 2011. Ia begitu sehat, namun hanya sendiri. Lintas waktu yang cukup jauh dari masanya, membuat ia agak gaptek. Orang-orang yang melihat langsung mengenalinya, namun tak percaya bahwa itu adalah dirinya. Tentu saja, mereka menganggap Hitler sesungguhnya telah mati. Segala hal ia lakukan untuk membuat orang-orang percaya bahwa ia adalah Hitler sesungguhnya. Tanpa disangka, usahanya membuat ia terkenal menjadi artis youtube, tampil di berbagai televisi dan mendapat rating yang tinggi.

Ini adalah novel satire tentang Hitler yang kejam. Penulisnya benar-benar berani dan membuat pembaca hampir percaya bahwa novel ini adalah penggambaran hitler sesungguhnya. Yakin sekali menggunakan sudut pandang orang pertama. Hitler banget. Tapi saya hanya bertahan 300an. Selebihnya hanya saya kebat-kebit sekilas. Baca cepat. Lama-lama membosankan. Saya berharap ada jawaban untuk awal mula hitler kembali bangkit. Tapi ternyata endingnya biasa saja. Tak ada penyelesaian. Huff...ekspektasi memang menyakitkan. Saya kurang menyukai novel ini.

"Jangan ragu. Maju, melangkah cepat. Hati perempuan seperti medan pertempuran. Keduanya tidak dimenangkan dengan keragu-raguan. Orang harus memusatkan seluruh kekuatannya dan memosisikannya dengan baik." (Hitler. Hlm 196)

Saya mengapresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta morfillah

1 comment:

  1. Thanks kak, ijin saya menggunakan ini untuk tugas resensi novel buat saya yang gasuka baca novel

    ReplyDelete

Text Widget