Pages

11 May, 2015

[Review buku] Menggapai impian

Judul: Menggapai impian
Penulis: Masriyah Amva
Penerbit: Kompas
Dimensi: xxii + 234 hlm, 14 x 21 cm, cetakan I September 2010
ISBN: 978 979 709 517 8

Buku ini berisi kisah suka duka Nyai (panggilan untuk perempuan pengasuh pesantren) dalam hidupnya. Dibagi menjadi tiga bab yang bertema; sunyi, luka, dan rindu. Bagaimana ia mengadukan segala kelemahan dan kesulitannya pada Tuhan mulai dari himpitan utang, cibiran orang-orang, musibah, penyakit sulit makan yang membuat Nyai harus ke restoran minimal 2 hari sekali demi menggugah selera makannya meski ia miskin, hobi belanja dan sikap borosnya, kehidupan pernikahannya yang sampai dua kali, serta beragam keinginannya yang terlihat begitu tidak mungkin saat itu, seperti naik haji, berkurban, mengasuh pesantren putri, dan menulis buku.

Beragam puisi buatan nyai pun mengisi lembaran-lembaran pergantian buku ini. Bermacam doa dalam bahasa khas Nyai, bahasa indonesia, ia terangkan. Bagaimana merayu Allah dengan caranya, sehingga semua kelemahan diubah menjadi kekuatan dan Allah kabulkan apa yang ia pinta.

Membaca buku ini, mengetahui seluk beluk kehidupan seorang Masriyah Amva, membuat saya seperti melihat sosok mama saya. Betapa begitu lurus dan jernih segala perilakunya. Segalanya dikembalikan pada Allah. Kadang menyebalkan... bagi saya, karena saya masih suka mencari alasan atau pembenaran bahwa lazim sesekali kita khilaf. Tapi Nyai dan mama saya sepertinya memiliki kesamaan. Saklek. Lurus. Pasrah sekali dan yakin pada Allah. Saya suka doa-doanya yang detail. Tapi secara keseluruhan, beberapa part di buku ini agak membosankan bagi saya karena lebih fokus menceritakan perasaan penulis dibandingkan tindakan konkretnya.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget