Pages

13 May, 2015

[Review buku] Antologi puisi penulis lepas

Judul: Antologi puisi penulis lepas
Penulis: komunitas penulis lepas, komunitas apresiasi puisi, dan komunitas puisi FLP
Penerbit: Pustaka Jamil
Dimensi: x + 148 hlm, 14 x 21 cm, cetakan I Januari 2011
ISBN: 989 979 15088 5 8

Buku ini dihadiahkan Mas Epri Tsaqib pada saya saat menjadi panitia Pesta Literasi Jakarta 2013. Baru saja saya buka plastiknya tadi pagi, di antara tumpukan buku yang belum saya baca. Tipis, ringan, tapi sampulnya kurang menarik minat membaca saya. Setelah saya baca isinya, yang terbagi menjadi dua kelompok. Yakni tahap I berisi 71 puisi, dan tahap II berisi 20 puisi pilihan dari 3 editor yaitu Misbach, Epri Tsaqib, dan Ahmad Sekhu.

Secara keseluruhan, tema yang diambil campuran. Ada tentang cinta, kegundahan akan negeri, pertanyaan akan Tuhan, dlsb. Keindahan diksi pun berbeda-beda. Ada yang bagus dan mudah dipahami, ada yang kurang bagus serta tak mudah ditangkap maknanya serta ada yang seperti kumpulan quote, tak berkaitan. Ada yang begitu panjang sampai tiga lembar, ada yang begitu pendek hanya empat baris. Tapi editannya masih banyak yang typo, juga kesalahan teknis yaitu perbedaan font size dan font type di beberapa puisi. Bahkan di tahap II, ada pengulangan puisi di halaman 114 dan 128, itu adalah puisi yang sama milil Lubis Gafura. Jadi sebenarnya, hanya 19 karya yang lolos di tahap 2.

Dari semuanya, tidak ada yang begitu mengena di hati saya, atau menjadi unggulan. Kesan yang saya dapatkan adalah buku ini diterbitkan untuk kebahagiaan komunitas itu saja. Sebagai penghargaan pada para penulisnya. Bukan untuk konsumsi umum. "Yang penting terbit" Tapi, itu sih sekadar opini saya saja.

Saya apresiasi 3 dari 5 bintang.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget