Pages

25 May, 2017

[Review buku] Cause celeb

Judul: Cause celeb
Penulis: Helen Fielding
Penerbit: Gramedia
Dimensi: 480 hlm, 18 cm, cetakan pertama Januari 2005
ISBN: 979 22 1200 0

Alasan menjadi relawan:
a. misionaris?
b. prajurit bayaran?
c. orang aneh?
d. patah hati?

Rosie Richardson merasa dirinya perpaduan antara c/d saat memutuskan menjadi relawan di Afrika. Bermula dari kesal terhadap pacaranya, Oliver yang merupakan selebriti, Rosie memilih pergi ke Afrika, tepatnya Nambula.

Dia tidak pernah menyangka bahwa ia akan betah dan semakin tenggelam dalam dunia kerelawanan. Empat tahun sudah dia lewati di Nambula, yang berkali dilanda bencana kelaparan, peperangan dan wabah penyakit.

Namun tahun ini, semua bencana itu begitu besar dan menghabiskan seluruh persediaan makanan, obat, dan juga tenaga. Mengetuk PBB dan beragam LSM lain tidak mendatangkan hasil. Hanya janji kosong. Tercetuslah sebuah ide brilian yang bisa Rosie lakukan demi jutaan nyawa yang sedang di ujung tanduk. Sayangnya hal itu mengharuskan dia kembali ke London dan berhubungan lagi dengan Oliver, segenap selebriti, dan dunia hedonis yang telah lama ia tinggalkan. Akankah rencananya berhasil?

Membaca ini, seakan saya diingatkan lagi niat dan motivasi saya bergerak sebagai relawan di tiap komunitas yang saya ikuti. Rosie menggambarkan sosok naif namun nyata dalam cerita ini. Meskipun lagi-lagi konten dewasa tetap menjadi bumbu utama, namun deskripsi Afrika, artis, dan bagaimana NGO serta PBB bergerak cukup terwakili.

Saya apresiasi 4 dari 5 bintang.

"Aku mulai merasa kesepian, lalu mengingatkan diriku sendiri bahwa banyak hal yang lebih buruk daripada sekadar sendirian." (H.92)

"Hal yang paling membuat kita ingin menangis adalah ketika ada orang begitu manis terhadap kita." (H.281)

"Peristiwa yang begitu nyata dan menyedihkan bagi kita, bisa menjadi hiburan bagi orang lain. Itu salah satu cara mudah membuat kita tampil menarik, tapi juga murahan." (H.356)

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik