Pages

06 May, 2017

Cukup

CUKUP

Setelah beberapa tahun saya tidak ke Grand Indonesia, hari ini kembali menjejakkan kaki. Banyak perubahan, seperti lokasi musholla berpindah dari lantai 5 ke lantai 6 dan jadi lebih kecil, blitz berubah jadi CGV dan ada mesin tiket otomatis serta ada Galeri Indonesia Kaya di lantai 8.

Tapi yang lebih mengejutkan saya adalah perubahan pada diri saya sendiri.

Dulu, mall adalah rumah ketiga saya setelah kantor. Makan, shopping, cuci mata, nonton adalah rutinitas. Tiap bulan ada saja benda yang dibeli meski tidak butuh banget. Entah sepatu, tas kerja, parfum, dll. Sekali makan minimal 100 ribu itu biasa. Segitu pun saya dibilang irit. Jarang jajan.

Sekarang, mall adalah tempat terakhir yang ingin saya datangi. Makan lebih suka eksplore kedai atau cafe khusus yang nyaman dan tidak terlalu ramai. Nonton ke bioskop bahkan sudah jarang dilakukan. Belanja? Hmm... terakhir kali beli sepatu ya sepatu gunung karena terdesak untuk naik gunung.

Diingat lagi saya terkejut bahwa semenjak pindah ke Bogor saya belum pernah beli sepatu buat kerja! Soalnya di sekolah alam sepatu sudah dicuci berkali pun terlihat belum dicuci, kotor itu biasa, tanah becek dan sering diinjak sama anak. Membuat saya malas pakai sepatu keren. Tas kerja pun sudah tidak lagi girly. Saya lebih suka pakai ransel atau bahkan tidak usah bawa tas sama sekali.

Dua tahun semenjak pindah total dan bekerja di Bogor seperti titik balik saya. Hijrah saya. Amat berbeda meta yang dulu hedonis dan banyak mau dengan meta yang sekarang simpel dan gak neko-neko.

Kuncinya adalah pada rasa CUKUP. Dulu saya bersikap hedonis karena saya merasa harus mengimbangi style lingkungan saya. Saya merasa banyak belum cukupnya. Tidak enakan. Sekarang saya merasa sudah cukup dengan semua yang saya miliki. Sudah tidak berselera lagi pada hal yang dulu saya gilai.

Yaa... Allah tidak bilang lawan miskin itu kaya, tetapi CUKUP. Cukuplah rasa cukup itu mencukupi hati kita dari godaan duniawi. Cukup atau qana'ah adalah Koentji oentoek bahagia dan kaya!

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget