Pages

12 June, 2016

#Day7 Pembiasaan

#Day7 Pembiasaan

Kapan kali pertama kamu memiliki mukena? Kapan kali pertama kamu shalat? Kapan kali pertama kamu masuk masjid? Kapan pembiasaan ibadahmu dimulai?

Bagaimana perasaanmu di kali pertama itu? Ingatkah?

Mungkin kita sudah tidak terlalu ingat lagi kapan kita memulai semua rutinitas itu. Pembiasaan orangtua kita dahulu dalam mengenalkan Allah pada kita. Tapi, saya yakin bahwa semua pembiasaan itu menimbulkan sebuah rasa senang di hati kita saat itu. Persis anak kecil ini. Ia baru memiliki mukena baru. Berkali ia meminta dipakaikan ulang mukenanya setelah ia lepas saat gerah. Pun saat diajak ke masjid. Ia begitu riang. Meski belum terlalu tertib mengikuti shalat, tapi ia bahagia. Serasa pulang ke rumah yang paling nyaman.

Bahagia... sebab ia diterima lingkungan yang sadar bahwa pembiasaan itu dimulai perlahan. Bahagia... sebab ia dimaklumi perkembangannya hingga nanti ia sadar harus bersikap seperti apa di tempat suci. Bahagia... sebab ia diizinkan berada bersama orang dewasa yang ia cintai, meski sulit ia mengerti mengapa banyak larangan di dunia orang dewasa itu.

Maka pembiasaan... butuh lingkungan yang kondusif. Semoga dengan bulan mulia ini, pembiasaan mengendalikan hawa nafsu kita berjalan lancar. Toleransi semakin dipraktikkan, tidak sekadar digaungkan tanpa penghormatan. Satu bulan pembiasaan menjadi orang yang lebih shalih semoga membuat kita terbiasa shalih di sebelas bulan berikutnya.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik