Pages

26 June, 2016

#Day21 Tanda kebaikan seseorang

#Day21 Tanda kebaikan seseorang

"Man yuridillahu bihi khairan, yufaqqihhu fiddiiin. Barang siapa yang Allah kehendaki padanya kebaikan, maka Allah akan pahamkan dia dalam masalah agama. H. R. Bukhari."

Membaca hadits ini mengingatkan saya bahwa ada indikator yang memudahkan dalam menilai seseorang. Tanda kebaikannya. Lihat saja apakah semakin hari ia semakin paham akan masalah agama. Mampu menjawab pertanyaan kontemporer dengan lisan hingga amalnya. Menandakan bahwa ia terus menimba ilmu dan mau belajar. Seseorang yang patut diperjuangkan dan disebut namanya dalam doa.

Bukan banyak-banyakan hafalan lalu nyinyir pada yang masih awam. Bukan seseorang yang bergelar ustad lalu merasa puas akan pencapaiannya tersebut yang mengakibatkan ia kembali pada level terbawah. Sebab orang yang merasa pintar adalah orang terbodoh. Berbeda dengan orang yang pintar merasa... merasa bahwa semakin ia mendalami sebuah ilmu semakin terlihat betapa ia kecil dan tak berarti tanpa Tuhannya. Betapa ia semakin tak tahu apa-apa dan tak lebih mulia dari orang lain. Semakin ia tawadhu dan merunduk bak padi yang menguning.

Orang-orang seperti itu... yang kian hari kian jarang. Mendapatinya sebagai guru, bahkan teman adalah sebuah kekayaan. Pada mereka, kita banyak belajar. Maka rezeki bukan saja materi berlimpah, melainkan juga teman yang shalih dan mau mengajak kita ke surga bersama. Adakah teman seperti itu di antara teman-temanmu?

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik