Pages

27 June, 2016

#Day22 Amanah

#Day22 Amanah

"Positioning SMP kelas 1 adalah Bu Meta. Juga merangkap sebagai wali kelas. Dengan beragam program seperti company profile, temu tokoh, magang, survival, dan live in. Semangat Bu Meta!"

Mendengar pengumuman itu membuat saya begitu takut. Takut akan amanah yang begitu besar dan juga takut mengecewakan mereka yang berekspektasi tinggi pada saya.

"Target khotmil qur'an kelas 1 SMP adalah juz 29, Bu. Haditsnya adalah hadits arba'in. Ada inspirasi pagi, morning activities, kajian dan bahasa. Sebagai wali kelas ibu yang menjaga hafalan mereka dan membuka serta menutup kelas."

Terbayang betapa saya masih tertatih untuk mengejar ketertinggalan yang akan menjadi tanggung jawab saya. Saya butuh percepatan belajar! Bagaimana... bagaimana... bagaimana? Migrain menyerang kepala saya. Saya teringat sebuah ayat dalam Al Quran yang menjelaskan betapa beratnya amanah hingga langit dan gunung pun menolak sebab ia bisa hancur. Tapi... manusia dengan kekerdilannya malah memburu amanah demi tahta, harta, dan cinta. Jujur saja, lemas badan saya menanggapi berita ini. Saya terngiang kata-kata Umar bin Khattab ketika ia didaulat sebagai khalifah pengganti Abu Bakar. Innalillahi... hingga janggutnya basah sebab air mata.

"Ma, aku dipilih jadi guru kelas 1 SMP dan wali kelasnya. Tahun ini adalah tahun pertama, pembukaan SMP baru. Meta takut, Ma..."

"Loh, kenapa takut? Kamu punya Allah... tenang saja, kamu pasti bisa. Banyak doa dan belajar. Jangan tinggalin shalat. Mama doakan kamu bisa."

"Beneran doain ya, Ma. Meta benar-benar enggak kebayang model SMP Islam Ibnu Hajar berbasis STIFIn dan sekolah alam ini mau menghasilkan output seperti apa. Lalu bagaimana nanti kalau Meta mengecewakan dan enggak berhasil?"

"Tenang saja... kamu pasti bisa. Asal jangan lupa sama Allah."

Yaa... kadang reaksi pertama kita adalah mengukur diri secara manusiawi. Hingga merasa amat tak pantas. Kita lupa bahwa ada Allah yang Maha Besar dibandingkan amanah kita. Bismillah... biiznillah. Kita hanya dapat berbuat yang terbaik terhadap amanah tersebut. Sebab kadang yang kita inginkan tak sesuai pilihan, dan kadang yang dipilihkan tak sesuai keinginan.

Meta morfillah

No comments:

Post a Comment

Text Widget